Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas U17 Indonesia Tiba di Surabaya, Geber Persiapan Tanpa Umbar Janji

Kompas.com - 03/11/2023, 18:30 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Timnas U17 Indonesia telah tiba di Surabaya pada Jumat (3/11/2023) siang untuk menghadapi Piala Dunia U17 2023 Indonesia.

Tim asuhan pelatih Bima Sakti itu tidak ingin membuang waktu. Setibanya di Surabaya, sore hari tim langsung menjalani latihan di hotel.

"Kami latihan sore di hotel. Tanggal 6 kami akan latihan malam untuk menyesuaikan cuaca di Surabaya yang sedikit panas seperti di Jakarta," ujarnya.

Sebelum ini, Garuda Muda menjalani gemblengan di pemusatan latihan yang dilaksanakan di Jerman pada 18 September sampai 24 Oktober 2023 lalu.

Baca juga: Respons Bos Borneo FC Usai STY Tak Panggil Lilipaly ke Timnas Indonesia

Selama di Jerman, Sultan Zaky dkk menjalani tujuh laga uji coba tim lokal muda dan mencetak dua kemenangan, satu imbang, dan empat kekalahan.

Setelah itu, tim melanjutkan pemusatan latihan di Jakarta selama seminggu. Surabaya bakal menjadi sesi latihan terakhir sebelum mentas di babak penyisihan Grup A Piala Dunia U17 2023 yang tinggal menghitung hari.

"Semoga pemain bisa cepat beradaptasi setelah pulang dari Jerman kemarin. Kondisi juga semakin membaik. Ya semoga nanti dalam pertandingan bisa berjalan maksimal," tutur Bima Sakti.

Baca juga: Pembukaan Piala Dunia U17, Surabaya Siapkan Keamanan dan Kenyamanan

Timnas Indonesia U17 tergabung dalam Grup A bersama Panama, Maroko, dan Ekuador. Dari ketiga tim ini, Indonesia satu-satunya tim debutan yang belum pernah main di Piala Dunia U17.

Bahkan, Ekuador berhasil keluar sebagai delapan besar pada edisi 2019.

Sebagai tuan rumah, Garuda Muda akan mendapatkan dukungan penuh dari suporter timnas Indonesia. Namun, dukungan saja tidak akan cukup dalam pertandingan di lapangan.

Pelatih Bima Sakti tidak mau mengumbar janji ketika ditanya perihal target. Ia mengatakan akan fokus menjalani fase grup ini secara bertahap.

"Kami selalu fokus dalam setiap pertandingan, yang pasti kami akan mengamankan poin. Saya pikir pemain sudah tahu tugas dan tanggung jawabnya," katanya.

Baca juga: Debutan di Piala Dunia U17 2023, Timnas Indonesia Butuh Dukungan Penuh

Namun, ia berharap dukungan penuh dari masyarakat, khususnya suporter Indonesia, untuk menemani perjuangan timnas U17 Indonesia. Ia memastikan tim tidak akan setengah-setengah untuk bangsa dan negara.

"Mohon doa restu kepada masyarakat pecinta sepak bola, khususnya yang di Surabaya, yang menonton langsung dan yang melalui layar kaca," ucap Bima Sakti.

"Semoga kami bisa memberikan yang terbaik bangsa dan negara," katanya.

Timnas Indonesia U17 dijadwalkan akan melawan Ekuador pada laga pembuka, Jumat (10/11/2023) mendatang. Kemudian, tim melawan Panama pada Senin (13/11/2023).

Pada laga pamungkas, Indonesia akan melawan Maroko yang akan dilaksanakan pada Kamis (16/11/2023).

Semua pertandingan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com