Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catatan di Balik Kemenangan Besar Timnas Indonesia

Kompas.com - 13/10/2023, 07:00 WIB
Ferril Dennys

Penulis

KOMPAS.com - Timnas Indonesia mengalahkan Brunei Darussalam dengan skor telak 6-0 pada leg satu putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (12/10/2023).

Meski menang besar, pelatih Indonesia, Shin Tae-yong, menilai pasukannya bisa tampil lebih lagi. 

Salah satu yang menjadi sorotan pelatih asal Korea tersebut adalah jeda gol kedua dan ketiga Indonesia membutuhkan waktu lama.

Baca juga: Dimas Drajad Hattrick di Indonesia Vs Brunei, Persembahan Manis untuk Sang Istri

Selepas unggul 2-0 dalam waktu 12 menit lewat gol Dimas Drajad dan Rizky Ridho, skuad Garuda baru menambah keunggulan pada menit ke-62 dari penalti Ramadhan Sananta.

Setelah itu keran gol Indonesia mulai kembali lancar. Ricky Kambuaya mengubah skor menjadi 4-0 pada menit ke-67. 

Lalu Dimas Drajad menjadikan kedudukan 5-0 hanya dalam waktu lima menit (72').

Pesta gol Indonesia akhirnya ditutup Dimas Drajad pada menit 90+2.

Penyerang Persikabo 1973 mencatatkan hat-trick.

"Saya mengucapkan selamat kepada para pemain, tetapi untuk jalannya pertandingan, saya lihat permainan anak-anak harus bisa lebih baik," kata Shin Tae-yong.

"Setelah gol kedua, (kami harus menunggu) sangat lama sampai terjadinya gol ketiga. Itu yang harus kami evaluasi. Untungnya di babak kedua pemain bekerja lebih keras lagi dan hasil akhirnya baik. Jadi saya tetap mengucapkan terima kasih kepada para pemain," tambahnya.

Kemenangan telak 6-0 ini jadi modal yang sangat baik untuk Asnawi Mangkualam Bahar dkk. dalam menghadapi pertemuan kedua di Brunei Darussalam, Selasa (17/10/2023).

Jika lolos dari putaran pertama ini, Timnas Indonesia akan bergabung di Grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina.

Pesepak bola timnas Indonesia Dimas Drajad (kanan) menendang bola ke gawang timnas Brunei Muhammad Hakeme (kiri) dalam pertandingan leg 1 kualifikasi Piala Dunia 2026 babak pertama zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis (12/10/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YUGALIH PRADIPTA/ANTARA FOTO Pesepak bola timnas Indonesia Dimas Drajad (kanan) menendang bola ke gawang timnas Brunei Muhammad Hakeme (kiri) dalam pertandingan leg 1 kualifikasi Piala Dunia 2026 babak pertama zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis (12/10/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU

Sementara itu Dimas tetap rendah hati. Dia mengatakan torehan yang diukirnya itu tidak lebih penting dari kemenangan yang ditorehkan Skuad Garuda malam ini.

"Alhamdulillah bisa menang dan saya bersyukur mencetak hat-trick. Tetapi yang terpenting bukan saya cetak hat-trick, tetapi bisa menjalankan instruksi dari coach Shin (Tae-yong)," kata Dimas Drajad seusai laga.

"Kami sebagai tim harus kompak dan harus bisa tampil bagus lagi di leg kedua. Gol ini juga saya dedikasikan untuk masyarakat Indonesia," kata Dimas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com