Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengakuan Pelatih Persib, Beckham dan Ciro "Meledak" di Waktu Tepat

Kompas.com - 08/10/2023, 17:30 WIB
Adil Nursalam,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Persib Bandung mencatat kemenangan empat kali beruntun seusai menjungkalkan tuan rumah Persebaya Surabaya dalam laga pekan ke-15 Liga 1 2023-2024.

Sebanyak lima gol tercipta, laga Persebaya vs Persib berakhir dengan skor 2-3 pada Sabtu (7/10/2023) di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya. 

Rentetan kemenangan Persib sejauh ini tidak lepas dari otak jenius seorang pelatih, Bojan Hodak. Ia pandai mengolah emosi dan kondisi anak-anak asuhnya. 

Beckham Putra dan Ciro Alves turun sebagai starter, padahal dua pemain tersebut secara kebugaran belum ideal usai diterjang cedera beberapa pekan. 

Baca juga: Top Skor Liga 1: David da Silva Tancap Gas, Tak Selebrasi Bobol Persebaya

Hodak mampu me-maintenance kedua pemain tersebut agar bisa "meledak" di waktu yang tepat.

Dari statistik dalam empat laga terakhir Persib, Hodak tidak pernah memainkan kedua pemain tersebut secara penuh dalam 90 menit.

Namun, keduanya bisa maksimal saat diberi kesempatan. Momen paling dramatis ketika Ciro masuk sebagai pemain pengganti melawan Bhayangkara FC. Ia sukses mencetak gol kemenangan pada masa perpanjangan waktu. 

Bojan mengakui kondisi keduanya saat ini belum cukup ideal untuk tampil selama 90 menit.

Baca juga: Fakta Menarik, Ciro Alves Spesialis Pencetak Gol Tandang Persib

Pemain Persebaya Surabaya Kadek Raditya menjaga ketat pemain Persib Bandung Ciro Alves saat pertandingan pekan ke-15 Liga 1 2023-2024 yang berakhir dengan skor 2-3 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu (7/10/2023) sore.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pemain Persebaya Surabaya Kadek Raditya menjaga ketat pemain Persib Bandung Ciro Alves saat pertandingan pekan ke-15 Liga 1 2023-2024 yang berakhir dengan skor 2-3 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu (7/10/2023) sore.

Oleh sebab itu, di laga melawan Persebaya, Beckham diganti menit ke-55 tepat setelah memberi assist atas gol penyama kedudukan (2-2) yang dicetak David da Silva (DDS). 

"Saya pikir Beckham belum fit. Dia tidak siap bermain dalam pertandingan yang intensitasnya tinggi dan dalam konsistensi yang sama," ucap Hodak. 

Hal yang sama dialami Ciro, pelatih asal Kroasia itu menariknya keluar pada menit 84. Ia terlihat sudah tertatih-tatih saat itu. 

"Begitu juga sebenarnya dengan Ciro. Namun, kami mengganti Beckham lebih dulu. Memang dia memberikan assist untuk terciptanya gol, tetapi saya melihat dia belum mampu bermain di laga yang intensitasnya tinggi," katanya.

Baca juga: Hasil Persebaya Vs Persib, Biang Kekalahan Bajul Ijo

Hodak merasa skuadnya bisa melengkapi satu sama lain dalam pertandingan itu. 

Frets Butuan yang masuk mengganti Beckham juga dapat memberikan kontribusi di sayap kanan.  

Ia memberikan keypas dalam proses terjadinya gol kemenangan Persib oleh DDS. 

"Jadi, itu alasan saya memasukkan Frets dan Frets juga bermain dengan baik," nilainya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com