Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSSI Luncurkan Aplikasi Web "Kita Garuda" dan Lagu Timnas Indonesia

Kompas.com - 28/09/2023, 09:00 WIB
Farahdilla Puspa,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PSSI meluncurkan aplikasi web "Kita Garuda" dan lagu tema untuk timnas Indonesia berjudul "Bersama Garuda" yang bernuansa dangdut dan dinyanyikan Wika Salim

Peluncuran tersebut dilakukan dalam acara Partner Summit PSSI di Hotel JW Marriot, Kuningan, Jakarta, Rabu (27/9/2023).

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengungkapkan alasan memilih jenis lagu dangdut sebagai theme song timnas Indonesia. 

"Kenapa tidak? Kita selalu bicara lagu Korea dan Barat itu bagus. Kenapa kita tidak punya kebanggaan sama lagu Indonesia?," ujar Erick kepada media termasuk Kompas.com. 

Baca juga: PSSI Perkenalkan Sponsor Resmi, Pemasukan Capai Rp 250 Miliar

Erick mengatakan, dangdut sudah terbukti diminati dan bisa mendunia seperti lagu resmi Asian Games 2018 Jakarta-Pelambang berjudul "Meraih Bintang" yang dinyanyikan Via Vallen. 

"Saya sudah buktikan beberapa kali, lagu dangdut bisa diterima di dunia. Waktu Asian Games, Via Vallen lagunya dangdut. Bahkan, diterjemahkan berbagai negara," ucapnya. 

"Ya harus kita dorong karena kalau mau jadi negara besar, kita harus punya kultur juga," tutur pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN ini. 

"Kita mendorong lagu dangdut ke internasional. Masyarakat Indonesia senang lagu-lagu yang mudah dicerna. Kuping Barat juga nanti mendukung," ucapnya. 

Baca juga: Piala Dunia U17 2023: Indonesia Diharapkan Lolos Fase Grup, Laga Perdana Jadi Kunci

Erick Thohir menambahkan bahwa lagu "Bersama Garuda" menandai kebangkitan sepak bola Tanah Air. 

Lagu tersebut nantinya akan diputar di setiap pertandingan timnas U17 Indonesia pada Piala Dunia U17 2023. 

"Kami meluncurkan lagu, bangkitnya sepak bola Indonesia di mana mulai besok (hari ini) akan diputar di seluruh radio di Indonesia," ucapnya. 

"Tanggal 14 Oktober ada video klipnya. Nanti pada pertandingan U17 (Piala Dunia U17) juga akan diputar. Siapa tahu bisa disiarkan di seluruh dunia," ujar Erick Thohir. 

Selain meluncurkan lagu ofisial, PSSI juga melakukan launching resmi akun timnas Indonesia yang sebenarnya sudah dibuat sejak 17 Agustus 2023 dan merilis aplikasi web Kita Garuda. 

Aplikasi web Kita Garuda bisa diakses melalui laman kitagaruda.org. Para penggemar bisa mengakses berita, foto, video, hingga Garuda Store. 

Selain itu, Kita Garuda juga menyediakan menu "Kolom Fans" di mana fan bisa mengunggah tulisan tentang sepak bola, foto-foto, hingga berdiskusi. 

Untuk setiap artikel yang ditulis, penggemar bisa mendapatkan Rp 50.000. Jumlah yang sama juga akan didapat jika foto yang diunggah terpilih sebagai "Fans Terbaik Bulan Ini". 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com