Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Arsan Makarin Usai Cedera Kepala dalam Kemenangan Persib

Kompas.com - 22/08/2023, 20:00 WIB
Adil Nursalam,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Arsan Makarin, winger Persib Bandung, mengalami cedera kepala dalam kemenangan melawan PSIS Semarang, Minggu (10/8/2023) lalu. 

Ia dilanggar penjaga gawang PSIS, Adi Satryo, pada menit ke-77 di luar kotak penalti, menyebabkan pendarahan pada kepala Arsan.

Arsan masih mampu melanjutkan pertandingan kendati akhirnya kembali diganti pada masa injury time sebab merasakan pusing. 

Kondisi terkini sang pemain kini sudah kembali berlatih pada Selasa (22/8/2023) dengan luka robek pelipis kiri yang ditutup plester. 

Baca juga: Hasil PSIS Vs Persib: 2 Kartu Merah, 2 Penalti, Maung Bandung Menang

Dokter tim Rafi Ghani memberikan keterangan soal kondisi Arsan. Selain ada kekhawatiran pada pelipis yang robek, ia juga punya kekhawatiran terhadap benturan kepala bagian belakang.

Namun, setelah dilakukan observasi dalam beberapa hari terakhir, tak ada tanda-tanda gegar otak terhadap pemain.

"Arsan kena benturan di pelipis mata kirinya dan mengalami luka robek. Waktu pada saat kejadian, selain ada luka robek memang ada benturan di belakang kepalanya," kata Rafi. 

"Kami observasi, alhamdulillah, yang saya takutkan seperti gegar otak ringan sampai saat ini tidak ada tanda-tanda ke arah sana," kata Rafi. 

"Arsan tadi juga sudah mengikuti kegiatan latihan bersama sambil melakukan rawat luka di bagian pelipis mata kirinya," ucapnya. 

Baca juga: PSIS Vs Persib, Bojan Hodak Tak Peduli Gol Kemenangan via Penalti

Lebih lanjut, luka robek pelipis kiri Arsan pun tak perlu dijahit. Pasalnya, pendarahannya berhenti dengan tindakan tertentu. 

"Arsan kebetulan lukanya dia ketemu luka sama luka. Terus pada saat pendarahannya berhenti, jadi mengingat waktu itu sudah malam, ternyata pendarahan berhenti," ujarnya.

"Kami pakai teknik tertentu supaya pendarahan berhenti dan tidak dilakukan jahitan," kata Rafi. 

Baca juga: PSIS Vs Persib, Alasan Bojan Hodak Belum Sepenuhnya Puas

Rafi juga belum menentukan apakah Arsan akan memakai pelindung kepala saat bertanding nanti dalam laga lanjutan kontra RANS Nusantara FC, Sabtu (26/8/2023). 

Ia akan melihat perkembangan sang pemain dalam beberapa hari ke depan. 

"Belum kami lakukan saat ini. Nanti kami memang masih ada beberapa hari lagi, masih ada hari Rabu, Kamis, Jumat, nanti baru kami tentukan," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com