Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thomas Doll Belum Puas dengan Kemenangan Persija Atas Persebaya

Kompas.com - 31/07/2023, 01:35 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, mengutarakan bahwa performa anak asuhnya pada 45 menit kedua laga Liga 1 2023-2024 kontra Persebaya Surabaya pada Minggu (30/7/2023) masih jauh dari memuaskan.

Thomas Doll kurang bahagia karena level performa Persija Jakarta tidak berkembang walau menghadapi Persebaya yang bermain dengan 10 orang sejak Arif Catur diusir wasit pada setengah jam laga.

Persija Jakarta punya banyak kesempatan mencetak gol akan tetapi kemenangan Macan Kemayoran hanya disegel oleh gol tunggal Ryo Matsumura pada menit ke-38.

Hasil ini mengembalikan Macan Kemayoran ke jalur tiga poin setelah mereka tumbang dari Persita pekan lalu.

Seusai laga, mayoritas para pemain kedua kubu langsung tertunduk atau terbaring di lapangan mengindikasikan bahwa pertandingan menguras tenaga dan emosi mereka.

"Saya pikir kami bermain babak pertama dengan sangat bagus, banyak penguasaan bola," tutur Thomas Doll setelah laga dengan suara hampir habis sehabis berteriak hampir sepanjang laga penuh.

"Senang melihatnya. Ada perubahan ritme (dari laga sebelumnya), kami mencetak gol fantastis setelah kombinasi dan finishing apik."

Baca juga: Aji Santoso Soal Insiden Kejar Hakim Garis: Salah Penglihatan atau Bagaimana?

"Namun, kami tak bisa mencetak gol tambahan pada babak pertama. Terkadang sepak bola seperti ini, tim bermain lebih bagus dalam situasi 11 vs 11 ketimbang 11 vs 10."

Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll (kanan), mendapatkan peringatan dari wasit Armyn Dwi Suryathin saat laga melawan Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (30/7/2023). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nzANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll (kanan), mendapatkan peringatan dari wasit Armyn Dwi Suryathin saat laga melawan Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (30/7/2023). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nz

Doll pun menitik beratkan beberapa hal yang dia anggap kurang elok untuk dilihat setelah turun minum.

"Pada babak kedua kami membuat banyak kesalahan, kami tidak akurat dalam operan mudah," ujarnya.

"Kami harus belajar dari ini. Kami punya banyak anak muda di lapangan. Mereka akan belajar dari situasi ini."

"Kami membuat risiko hari ini. Kami lupa caranya menyelesaikan laga, kami gagal mencetak gol dari banyak kesempatan baik itu operan terakhir atau tembakan.

"Saya telah lama di sepak bola, terkadang tim hanya mendapatkan seri dari laga seperti ini."

Baca juga: Hasil Persija Jakarta Vs Persebaya Surabaya: Diwarnai Kartu Merah, Macan Menang

Oleh karena itu, eks Borussia Dortmund tersebut mengatakan bahwa tiga poin dari laga menjadi penting dan dirinya bahagia dengan poin penuh.

Doll pun tak lupa memuji performa Persebaya Surabaya di GBK pada hari itu.

"Kami layak menang lawan tim Persebaya yang bagus," ujarnya menambahkan. "Mereka punya pemain-pemain dan gaya bermain bagus."

 

"Mereka memiliki pelatih asal Indonesia (Aji Santoso) yang membiarkan anak asuhnya bermain apik."

"Saya suka gaya Persebaya karena mereka selau berupaya bermain dari belakang dan tak pernah bermain bola jauh, senang melihat ini." 

"Sungguh pekerjaan sangat bagus dari kolega saya asal Indonesia tersebut."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com