Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Jadi Korban Tindakan Rasialis, Tiga Pemain PSM Tempuh Jalur Hukum

Kompas.com - 05/07/2023, 21:49 WIB
Ferril Dennys

Penulis

KOMPAS.com - Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI) bertindak cepat merespons kasus perundungan dan rasisme yang terjadi di Liga 1

APPI telah berkomunikasi dengan 3 (tiga) Pemain PSM Makassar yakni Yuran Fernandez, Yance Sayuri, dan Erwin Gutawa terkait perundungan dan rasisme yang terjadi/menimpa mereka.

Para Pemain sepakat untuk melanjutkan kasus ke ranah hukum.

Baca juga: Pelatih PSM Respons Kontroversi Guling-guling Lawan Persija Jakarta

Dalam hal ini APPI akan memberikan bantuan dan pendampingan hukum kepada para Pemain.

“Hari ini APPI telah berkomunikasi secara daring dengan 3 (tiga) pemain PSM Makassar, dan ketiganya berkeinginan melanjutkan prosesnya ke ranah hukum. Kami akan memberikan pendampingan bantuan hukum”, kata M. Hardika Aji sebagai CEO APPI.

Saat ini APPI juga telah mengidentifikasi akun-akun yang melakukan penghinaan rasisme.

APPI juga meminta kepada PSSI dan PT LIB untuk lebih serius dan menunjukkan komitmen yang kuat terhadap kasus perundungan dan rasisme yang terjadi/menimpa pemain baik di dalam maupun di luar lapangan.

“PSSI dan PT LIB harus berani dan bertindak tegas dalam rangka memberikan perlindungan kepada para pemain jika mereka menjadi korban rasisme. Bila perlu PSSI dan PT LIB menghentikan dulu sementara kompetisi sampe kasus rasisme ini tidak terjadi lagi menimpa pemain," ujar Jannes H. Silitonga, APPI Head Legal.

"Setiap orang tidak bisa memilih dilahirkan dari suku atau ras mana, penghinaan terhadapnya berarti juga merupakan penghinaan terhadap Tuhan”, ujarnya. 

Tiga pemain PSM tersebut mendapatkan serangan komentar rasial di media sosial seusai laga PSM vs Persija di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (3/7/2023). 

Manajemen PSM Makassar menyayangkan adanya komentar rasis di media sosial.

"Tentu kami menyayangkan ada rasisme di media sosial yang ditujukan pemain klub manapun, termasuk PSM Makassar. Kami meyakini ini adalah ulah oknum yang kebablasan dalam mengungkapkan dukungannya," kata Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim, Selasa (4/6/2023).

Laga Persija vs PSM Makassar berlangsung sengit selama 90 menit dan berakhir imbang dengan skor 1-1.

Tensi pertandingan pun cukup panas dengan duel antar pemain.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com