Juara Grup dan Daftar Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions - Kompas.com

Juara Grup dan Daftar Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions

Eris Eka Jaya
Kompas.com - 07/12/2017, 09:46 WIB
Borja Mayoral dan Cristiano Ronaldo mencoba menyambut bola di udara saat Real Madrid berhadapan dengan Borussia Dortmund pada pertandingan Liga Champions di Santiago Bernabeu, Rabu (6/12/2017).AFP/Javier Soriano Borja Mayoral dan Cristiano Ronaldo mencoba menyambut bola di udara saat Real Madrid berhadapan dengan Borussia Dortmund pada pertandingan Liga Champions di Santiago Bernabeu, Rabu (6/12/2017).

KOMPAS.comLiga Champions 2017-2018 telah menyelesaikan semua pertandingan di fase grup dengan total pertandingan 48 pertandingan pada enam pekan.

Setelah perhelatan putaran grup, muncul tim-tim yang lolos ke fase gugur pertama atau babak 16 besar.

Dari Grup A, Manchester United memastikan diri lolos sebagai juara grup dengan raihan 15 poin dan ditemani tim yang sempat mengalahkan mereka dengan skor 0-1, FC Basel.

Kepastian lolosnya dua tim ini ditentukan pada pertandingan terakhir. Manchester United berhasil mengalahkan CSKA Moskwa dengan skor 2-1, sedangkan Basel menang 2-0 di kandang Benfica.

Baca juga: Hasil Liga Champions, Manchester United Juarai Grup A

Dari Grup B, Paris Saint-Germain yang tumbang dari Bayern Muenchen di laga pamungkas dengan skor 1-3 tetap berhak menjadi juara grup meski kedua tim mengoleksi 15 poin berkat keunggulan skor 4-3 secara head-to-head.

Dari Grup C, AS Roma yang sempat berada di ujung tanduk ternyata berhasil lolos sebagai juara grup setelah menang 1-0 atas Qarabag.

Hal ini juga tidak lepas dari hasil di laga lainnya antara Chelsea menjamu Atletico Madrid di Stamford Bridge yang berakhir imbang 1-1.

Hasil ini juga membuat Atletico Madrid tersingkir ke Liga Europa setelah finis di posisi ketiga klasemen grup.

Baca juga: Hasil Liga Champions, AS Roma Juara Grup dan Salip Chelsea

Di Grup D, kemenangan yang didapat FC Barcelona atas Sporting CP serta Juventus yang berhasil menundukkan Olympiacos Piraeus mengantarkan kedua tim tersebut lolos ke babak berikutnya.

Dari Grup E, Liverpool berhasil memastikan diri lolos sebagai juara grup setelah melibas Spartak Moskwa dengan skor telak 7-0.

Adapun Sevilla yang bermain imbang 1-1 menghadapi Maribor di laga terakhir juga berhasil memastikan diri melangkah ke babak 16 besar sebagai runner-up.

Baca juga: Hasil Liga Champions, Coutinho Cetak 3 Gol, Liverpool Menang 7-0

Dari Grup F, rekor kemenangan beruntun Manchester City di Liga Champions berhasil dihentikan Shakhtar Donetsk dengan skor 1-2.

Gelandang Manchester City, Bernardo Silva, mencoba melewat kawalan pemain Shaktar Donetsk, Bernard, pada pertandingan Liga Champions di Stadion Metalist, Rabu (6/12/2017).AFP/Genya Savilov Gelandang Manchester City, Bernardo Silva, mencoba melewat kawalan pemain Shaktar Donetsk, Bernard, pada pertandingan Liga Champions di Stadion Metalist, Rabu (6/12/2017).

Meski demikian, wakil Inggris itu tetap lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup dengan raihan 15 poin, ditemani oleh Shakhtar sebagai runner-up.

Adapun Napoli yang di laga terakhir tumbang 1-2 di kandang Feyenoord harus puas melanjutkan perjalanannya di kompetisi Eropa dengan tampil di Liga Europa.

Baca juga: Hasil Liga Champions, Manchester City Gagal Raih Poin Sempurna

Dari Grup G, Besiktas berhasil mengirim RB Leipzig bermain ke Liga Europa setelah menang 2-1 pada laga terakhir dan memuluskan langkah FC Porto ke babak 16 besar setelah meraih kemenangan 5-2 atas AS Monaco.

Dari Grup H, Tottenham Hotspur dan Real Madrid yang sudah memastikan diri lolos sebagai juara dan runner-up grup masing-masing berhasil meraih kemenangan di laga terakhir.

Tottenham berhasil menggasak AOPEL Nicosia dengan skor 3-0, sementara Real Madrid menundukkan Borussia Dortmund dengan sekor 3-2. (Verdi Hendrawan)

Baca juga: Tottenham Menang dengan Pemain Pelapis, Pochettino Bahagia

Berikut daftar tim-tim yang lolos ke babak 16 besar Liga Champions dan 32 besar Liga Europa.

Grup A:
Manchester United (juara grup)
FC Basel (runner-up)
CSKA Moskwa (Liga Europa)

Grup B:
PSG
Bayern Muenchen
Celtic FC

Grup C:
AS Roma
Chelsea
Atletico Madrid

Grup D:
FC Barcelona
Juventus
Sporting CP

Grup E:
Liverpool FC
Sevilla
Spartak Moskwa

Grup F:
Manchester City
Shakhtar Donetsk
Napoli

Grup G:
Besiktas
FC Porto
RB Leipzig

Grup H:
Tottenham Hotspur
Real Madrid
Borussia Dortmund

PenulisEris Eka Jaya
EditorEris Eka Jaya
SumberBolaSport
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM