Memaknai Selebrasi Keberagaman ala Bali United - Kompas.com

Memaknai Selebrasi Keberagaman ala Bali United

Ferril Dennys
Kompas.com - 18/05/2017, 07:06 WIB
Selebrasi tiga pemain Bali United mendapatkan pujian dari netizen. Dok. Miftahul Hamdi Selebrasi tiga pemain Bali United mendapatkan pujian dari netizen.

KOMPAS.com - Sepak bola benar-benar terbukti ampuh menyatukan perbedaan agama, suku, maupun ras. Jurang perbedaan hampir runtuh saat bola ditendang di atas lapangan.

Bukti sepak bola menyatukan perbedaan menjadi pembicaraan hangat netizen setelah melihat gaya selebrasi tiga pemain Bali United, Yabes Roni, Miftahul Hamdi, dan Ricki Fajrin saat Bali United menang 3-0 atas Borneo FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (14/5/2017).

Potret keberagaman tersebut tampak seusai Yabes mencetak gol kedua pada menit ke-78.

Di sisi kanan pertahanan Borneo, Irfan Bacdim memberikan bola kepada Miftahul. Pemain bernomor punggung tujuh tersebut menggiring bola ke dalam kotak penalti dan memberikan umpan tarik.

Yabes menyambut umpan tersebut dengan sepakan keras dan gol. Setelah mencetak gol, Yabes berlari ke sudut lapangan untuk merayakan golnya. Miftahul dan pemain lain juga tampak menghampiri Yabes untuk merayakan gol pemain asal Alor tersebut.

Yabes lalu berlutut sambil berdoa. Di samping Yabes, Miftahul dan Ricki Fajrin bersujud.


Selebrasi ketiga pemain tersebut mengundang reaksi positif dari netizen. Banyak yang memuji karena selebrasi tersebut ibarat oase di tengah gejolak yang terjadi di Indonesia.

Lewat selebrasi tersebut, Yabes ingin menunjukkan kepada publik untuk menjaga toleransi beragama.

"Walaupun beda suku dan agama, kita NKRI. Jaga persaudaraan dan tetap bersatu," kata Yabes kepada KOMPAS.com, Rabu (17/5/2017).

Miftahul pun berharap selebrasi tersebut bisa menjadi contoh positif bagi rakyat Indonesia.

"Perasaan saya senang kalau itu bisa menjadi contoh. Jadi sepak bola bisa pemersatu bangsa," ujarnya.

Selebrasi yang dilakukan ketiga pemain tersebut bukan hal yang asing. Ketiganya kerap menunjukkan selebrasi yang sama saat memperkuat timnas U-19.

"Saya setiap cetak gol selalu sujud syukur. Kalau kita minta ke Tuhan untuk cetak gol, pasti Dia akan kasih lebih," ujar Yabes.

"Selebrasi itu sudah saya lakkan sejak memperkuat timnas u-19. Setiap cetak gol atau assist, saya merayakannya dengan sujud," tambah Miftahul.

Pemain Indonesia berselebrasi usai Yabes Roni Malaifani (2 dari kanan) membobol gawang Filipina pada pertandingan kualifikasi Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (10/10/2013). Indonesia unggul 2-0.KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Pemain Indonesia berselebrasi usai Yabes Roni Malaifani (2 dari kanan) membobol gawang Filipina pada pertandingan kualifikasi Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (10/10/2013). Indonesia unggul 2-0.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisFerril Dennys
EditorAloysius Gonsaga AE
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM