Catatan Gol Ronaldo Melawan Tim Semifinalis - Kompas.com

Catatan Gol Ronaldo Melawan Tim Semifinalis

Ferril Dennys
Kompas.com - 20/04/2017, 21:18 WIB
AFP/CURTO DE LA TORRE Cristiano Ronaldo merayakan gol pertamanya ke gawang Bayern Muenchen pada pertandingan perempat final kedua Liga Champions antara Real Madrid dan Bayern Muenchen di Stadion Santiago Bernabeu, Rabu (18/4/2017).

KOMPAS.com - Undian semifinal Liga Champions akan digelar Jumat (21/4/2017). Undian ini untuk menentukan siapa lawan yang akan dihadapi dalam perebutan tiket final.

Empat tim yang lolos ke semifinal adalah Juventus, Atletico Madrid, Real Madrid, dan AS Monaco. Meskipun undian belum dilakukan, rasanya menarik menilik peluang bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo untuk menambah pundi-pundi golnya.

BACA JUGA: Kisah Jose Coelho, Si Kelinci Teman Balotelli

Tidak berlebihan, Ronaldo berpeluang menjadi pencetak gol terbanyak Liga Champions musim ini. Peluang tersebut terbuka karena Lionel Messi (11 gol), Edinson Cavani (8), dan Robert Lewandowski (8) yang berada di tiga besar telah tersingkir.

Akan tetapi, Ronaldo, yang kini mengoleksi 7 gol, tidak sendiri. Antoine Griezmann (Atletico Madrid, 5 gol), Karim Benzema (Real Madrid, 5 gol), Kylian Mbappe (AS Monaco, 5 gol), Radamel Falcao (AS Monaco, 5 gol), Paulo Dybala (Juventus, 4 gol), dan Gonzalo Higuain (Juventus, 3 gol) memiliki peluang juga untuk meraih sepatu emas.

Lalu bagaimana peluang Ronaldo untuk mencetak gol saat berhadapan dengan salah satu tim tersebut?

Sejauh ini dalam kariernya, Ronaldo hanya belum pernah melawan AS Monaco. Sementara Juventus dan Atletico Madrid sudah merasakan ketangguhan Ronaldo.

Untuk lawan Juve, Ronaldo sudah empat kali bertemu dengan tim raksasa asal Italia tersebut. Semuanya terjadi di Liga Champions.

Ronaldo kali pertama menghadapi Juve pada babak penyisihan grup Liga Champions musim 2013-2014.

Dari dua pertemuan tersebut, Ronaldo sukses mencetak gol tiga gol dan sebuah assist. Dua gol Ronaldo terjadi pada pertemuan pertama yang membuat Madrid menang 2-1 atas Juve di Santiago Bernabeu pada 23 Oktober 2013.

Ronaldo lalu membungkam Juventus Stadium setelah mencetak satu gol dan satu assist. Beruntung, Fernando Llorente dan Arturo Vidal mampu menyelamatkan muka Juve.

Semusim kemudian, Madrid kembali berjodoh dengan Juve. Kedua tim bertemu pada babak semifinal. Ronaldo mengoleksi dua gol dari dua pertemuan tersebut.

Hanya, gol Ronaldo tersebut terasa sia-sia karena Madrid gagal ke final. El Real kalah 2-3 dari Juve secara agregat.

BACA JUGA: Lebih Dekat dengan Shane Smeltz, "Marquee Player" Borneo FC

Berbeda dengan Juve, Ronaldo tentu saja sering melawan Atletico Madrid, khususnya di La Liga. Terlebih lagi, Atletico merupakan sasaran empuk pemain berusia 32 tahun tersebut.

Atletico adalah tim yang paling banyak dibobol Ronaldo dalam kariernya dengan catatan 18 gol dan 8 assist dari 27 pertemuan. Artinya, Ronaldo menyumbang gol dalam setiap dua pertandingan melawan Atletico. 

Sebanyak 18 gol Ronaldo tersebut diciptakannya saat bertemu Atletico di Liga Champions (1 gol dari 4 laga), La Liga (11 gol dari 14 laga) dan Copa del Rey (6 gol dari 7 laga).

Satu-satunya gol Ronaldo saat melawan Atletico di Liga Champions terjadi pada partai final. Laga yang digelar di Estádio da Luz tersebut dimenangkan Madrid dengan skor 4-1. Ronaldo mencetak gol pamungkas pada menit ke-120.

Madrid kembali bersua Atletico pada final Liga Champions 2015-2016. Ronaldo tidak mencetak gol pada waktu normal, tetapi dia mampu menunaikan tugasnya sebagai ekskutor terakhir dalam adu penalti. Madrid pun juara setelah menang adu penalti.

PenulisFerril Dennys
EditorAloysius Gonsaga AE
Komentar