Jumat, 24 Maret 2017

Bola / Liga Indonesia

Nilai Kontrak Essien Bisa 3 Kali Lipat Pemain Termahal di Indonesia

KOMPAS. com/DENDI RAMDHANI Jajaran manajemen Persib Bandung saat memperkenalkan Michael Essien sebagai pemain baru Persib di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Selasa (14/3/2017)

Berita Terkait

BANDUNG, KOMPAS.com - Michael Essien telah resmi bergabung dengan Persib Bandung per Selasa (14/3/2017). Salah satu pertanyaan besar yang muncul dengan adanya transfer tersebut adalah berapa nilai kontrak Essien di Persib? 

“Nilai kontrak dia cukup besar karena eks Chelsea. Namun, saya enggak bisa menyebutkan,” kata Teddy Tjahjono, salah seorang petinggi Persib. 

Nilai kontrak Essien memang masih simpang-siur. Seperti sifat umum orang Indonesia, klub-klub juga enggan membeberkan segala hal yang berkaitan dengan finansial, termasuk kontrak pemain. 

Perkiraan itu muncul berdasar data nilai pasar di Transfermarkt. Nilai pasar Essien adalah 800.000 euro atau sekitar Rp 11 miliar. 

Hanya, perkiraan itu hanya berdasar nilai jual, bukan kontrak sang pemain. Karena itu, nilai kontrak yang muncul sebagian besar hanya berupa perkiraan. 

Ada perkiraan gaji Essien dalam rentang Rp 8,5-10 miliar. Ada pula yang menyebutkan kontrak eks pemain Chelsea itu sebesar Rp 9 miliar. 

Baca juga: 

Taruhlah ambil nilai terkecil, kontrak Essien di Persib itu lebih besar tiga kali lipat dibandingkan kontrak termahal yang pernah diberikan klub kepada pemain di Liga Indonesia. 

“Sebelumnya, ada pemain dengan nilai kontrak menembus Rp 2 miliar. Bahkan, ada yang sampai Rp 2,5 miliar,” sebut sumber Kompas.com yang tahu betul nilai kontrak beberapa pemain Tanah Air. 

Hanya, sumber tersebut enggan menyebut siapa nama pemain yang nilai kontraknya bisa mencapai Rp 2 miliar itu.  

Kesimpangsiuran nilai kontrak pemain asing memang kerap terjadi di Indonesia. Sebut saja saat Mantan pemain Aston Villa, Lee Hendrie, bergabung dengan Bandung FC, kontestan Liga Primer Indonesia (LPI). 

Hendrie disebut-sebut sebagai pemain dengan nilai kontrak tertinggi. Hanya, sampai Bandung FC dan LPI bubar, publik tak mengetahui secara pasti berapa nilai kontrak dia. 


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
TAG: