Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Irfan Bachdim Banyak Belajar dari Pemain Bintang Jepang

Kompas.com - 19/08/2016, 05:30 WIB
Nugyasa Laksamana

Penulis

KOMPAS.com - Penyerang tim nasional Indonesia, Irfan Bachdim, tampak menikmati kariernya di Consadole Sapporo. Di klub tersebut, ia mengaku senang bisa satu tim dengan pemain bintang Jepang, Shinji Ono.

Irfan telah menjadi bagian dari Consadole Sapporo sejak Desember 2014. Klub yang berkompetisi di kasta kedua sepak bola Jepang, J2 League, itu sedang menduduki puncak klasemen sementara.

Sejauh ini, Irfan terhitung sudah tiga musim menjalani karier di Jepang. Sebelumnya, Bachdim sempat memperkuat klub J1 League, Ventforet Kofu.

"Sebagai tim, kami tampil sangat baik. Tentunya tim menjadi prioritas ketimbang individu. Sekarang, yang harus saya lakukan adalah bekerja keras, menunggu kesempatan, dan kemudian meraihnya," ujar Irfan dalam This is J League edisi ke-12.

Bagi Irfan, berkarier di Jepang dapat menjadi kesempatan untuk menimba ilmu. Irfan pun mengaku banyak belajar dari rekan setimnya, Shinji Ono.

Ono merupakan pemain Jepang yang telah menorehkan prestasi gemilang sebagai pesepak bola Asia. Dia pernah memperkuat klub Eredivisie, Feyenoord, dan menjuarai Piala UEFA (Liga Europa) pada 2002.

"Shinji Ono punya karier yang hebat. Dia pernah pergi ke berbagai penjuru dunia untuk bermain sepak bola dan telah memenangi gelar," kata Irfan soal eks pemain Feyenoord itu.

"Saya pertama kali mengetahui Ono di Belanda. Namun, bukan sebagai pribadi, tetapi sebagai pemain. Kami harus memberikan banyak respek untuk pemain seperti dia. Senang bisa menjadi rekan setimnya karena saya banyak belajar darinya," tuturnya.

Saat ini, Irfan sedang berada di Indonesia. Pemain kelahiran Amsterdam, Belanda itu sedang mengikuti seleksi timnas Indonesia asuhan Alfred Riedl.

Irfan pernah membela skuat Garuda pada Piala AFF 2010. Saat itu, dia jadi andalan Riedl dengan mengisi peran di lini depan Indonesia bersama striker naturalisasi, Cristian Gonzales.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com