Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umur Nyaris 40 Tahun, tetapi Baru Lakoni Debut di Serie A

Kompas.com - 16/05/2016, 17:46 WIB

EMPOLI, KOMPAS.com - Catatan sejarah dibuat Maurizio Pugliesi. Kiper Empoli itu menjadi pemain tertua yang melakoni debut pada pertandingan kasta teratas Liga Italia, Serie A.

Pugliesi tampil untuk pertama kalinya di Serie A pada laga pamungkas musim 2015-2016 saat Empoli menjamu Torino di Stadion Carlo Castellani, Minggu (15/5/2016).

Usia Pugliesi saat melakoni debut adalah 39 tahun 4 bulan 18 hari atau nyaris 40 tahun! Dia memecahkan rekor pemain debutan tertua yang bertahan sejak 1931 milik pemain Lazio, Amilcar Barbuy (38 tahun).

Pugliesi dipercaya pelatih Marco Giampolo untuk tampil lantaran Empoli sudah aman dari ancaman degradasi.

Musim ini, Kiper kelahiran Capannoli pada 27 Desember 1976 itu merupakan kiper ketiga Empoli. Dia kalah bersaing dengan Lukasz Skorupski yang dipinjam dari AS Roma dan Alberto Pelagotti.

"Ini merupakan mimpi yang menjadi nyata setelah perjalanan panjang selama 22 tahun. Sudah menjadi keinginan semua pemain (Italia) untuk bermain di Serie A," ujar Pugliesi kepada Calciomercato jelang laga.

"Saya sudah hampir 40 tahun dan akan melakoni debut hari ini. Hal ini akan menjadi hal menyenangkan buat saya," ucapnya lagi.

Pugliesi memulai karier di Pontedera pada 1994. Pada 2000, dia meninggalkan Pontedera dan mengadu nasib di Montevarchi.

Dia kemudian berpindah-pindah ke sejumlah klub, tetapi bukan yang berasal dari Serie A. Pada 2014, dia bergabung dengan Empoli dan baru melakoni debut dua tahun setelahnya.

Juara Empoli 2-1 Torino: Persembahan Terakhir Zelinski
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com