Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zulham: Bobotoh Luar Biasa dan Tak Ada Duanya di Indonesia

Kompas.com - 24/10/2015, 09:31 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Zulham Zamrun tengah menjadi perhatian para pecinta sepak bola Indonesia karena performanya yang impresif selama Piala Presiden 2015. Winger Persib Bandung ini pun dinobatkan sebagai Pemain Terbaik event tersebut di samping sebagai top scorer turnamen yang dimenangkan oleh Persib Bandung.

Meskipun demikian, Zulham tak mau lupa diri. Diakuinya, kesuksesan membawa Persib menjadi jawara bukan semata karena dirinya. Menurut Zulham, keberhasilan tersebut karena kerja sama tim.

Zulham juga tidak menampik bagaimana peranan para suporter Persib yang dikenal dengan sebutan bobotoh. Pasalnya, dukungan setia dari para bobotoh membuat para pemain Persib bermain luar biasa.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada bobotoh yang setia mendukung kami di lapangan," kata Zulham di Bandung, Jumat (23/10/2015).

Pada laga final di Gelora Bung Karno (GBK) melawan Sriwijaya FC, Minggu (18/10/2015), bobotoh mendominasi karena hampir memenuhi seisi stadion. Zulham mengaku salut dengan bobotoh karena bisa membirukan kota yang menjadi kandang Persija Jakarta.

"Kemarin, pas partai final dengan Sriwijaya, bobotoh memberanikan diri buat datang ke kandang Macan Kemayoran, kandang The Jak. Itu sangat luar biasa. Saya sendiri sampai merinding pas memasuki stadion sebelum main," katanya.

"Sebelum main pun, saya sudah bisa merasakan besarnya keberanian para bobotoh, karena biasanya kota ini berwarna Orange. Tetapi waktu final dibirukan oleh bobotoh dan viking," tambah Zulham.

Menurut Zulham, bobotoh merupakan suporter di Indonesia yang tak ada tandingannya dengan suporter lain. Jumlah mereka, sambung dia, sangat banyak. Selain itu, kekompakan dan kebersamaannya juga tinggi.

"Tidak ada duanya suporter di Indonesia seperti bobotoh sama Viking. Yang punya kehebatan seperti ini hanya bobotoh. Bobotoh sungguh luar biasa," katanya.

Ini pula yang membuat dirinya betah bersama Persib. Terlebih lagi, di Persib dia mendapat gelar Pemain Terbaik dan pencetak gol terbanyak pada Piala Presiden 2015.

"Bersama Persib saya juara," katanya.

Zulham juga mengungkapkan kesan yang tak terlupakan saat bobotoh menyambutnya dan para pemain Persib lainnya, ketika tiba di Kota Bandung, sepulang dari Jakarta setelah menjadi juara.

"Saya sangat senang disambut sama bobotoh sebanyak ini pas pulang dari Jakarta. Momen ini baru pertama kali dirasakan. Saya sungguh bahagia, kebahagiaan ini tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Ketika itu, saya juga ikut dalam riahnya bobotoh. Intinya saya bilang bobotoh luar biasa, bobotoh tak ada tandingannya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com