Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurniawan DY Ungkap "Ilmu" Jadi Pemain Hebat

Kompas.com - 09/10/2015, 05:20 WIB
Ferril Dennys

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak bisa dimungkiri Kurniawan Dwi Yulianto adalah salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Si Kurus, demikian biasa dia dipanggil, dikenal memiliki kecepatan dan akurasi tembakan mematikan bagi lawan.

Kurniawan pun kemudian menjadi idola. Pria asal Magelang tersebut menjadi inspirator bagi pemain lain seperti Bambang Pamungkas. Saat ditemui Kompas.com di Lapangan ABC, Senayan, Kamis (8/10/2015), Kurniawan mengungkapkan sejumlah kiat untuk menjadi pesepak bola hebat. Berikut tiga kiat dari Kurniawan:

1. Mimpi
Pemain harus punya mimpi. Saya berharap ada pemain yang bisa melebihi saya. Dulu, Magelang adalah kota kecil dan sepak bolanya tidak ada.  Namun, saya punya mimpi ke luar negeri dan naik pesawat gratis. Hal itu menjadi motivasi saya dalam latihan. Saya rasa mimpi penting dan bisa menjadi motivasi kita.
 
2. Terbaik
Saya selalu ingin menjadi yang terbaik dalam segala hal.Artinya, saat latihan, saya tak ingin kalah. Saat disuruh lari, saya enggak pernah motong jalur. Soalnya, saya sadar bahwa hal itu (lari) untuk kebutuhan saya. Pas latihan saya juga ingin maksimal.

3. Promosikan Diri
Sekarang zaman sudah maju. Saatnya "lo jual diri". Jangan nunggu bola. Dengan kemajuan teknologi, gampang bikin cv (curriculum vitae) dan video untuk promosikan diri. Saya berharap banyak pemain berkarier di luar negeri. Jangan menunggu. Menjajakan dirilah dengan teknologi yang ada saat ini.

Kenapa bermain di luar negeri? Sorry to say. Bukan mengecilkan kompetisi di sini, kalau mereka bermain di level tinggi, kemampuannya akan meningkat. Misalnya, bermain di Malaysia dan Singapura. Di negara itu, ingar-bingarnya masih kalah daripada di sini. Namun, soal keprofesionalan klub boleh belajar dari mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com