Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nigeria Pulangkan Bosnia-Herzegovina

Kompas.com - 22/06/2014, 06:54 WIB
Ary Wibowo

Penulis

CUIABA, KOMPAS.com - Nigeria berhasil menang 1-0 atas Bosnia-Herzegovina pada matchday kedua Grup F di Arena Panatal, Sabtu atau Minggu (22/6/2014) pagi WIB. Hasil itu membuat peluang Bosnia-Herzegovina ke 16 besar tertutup.

Nigeria saat ini tetap berada di posisi dua klasemen sementara dengan poin empat, kalah dua angka dari Argentina di puncak. Sementara itu, Iran dan Bosnia-Herzegoniva menempati peringkat ketiga dan keempat dengan poin satu dan nol.

Nigeria langsung menyerang sejak menit-menit awal. Beberapa kali skuad asuhan Stephen Keshi tersebut mendapatkan kesempatan di jantung pertahanan Bosnia-Herzegovina untuk mencetak gol.

Akan tetapi, justru Bosnia-Herzegovina yang mampu menceploskan bola lebih dulu melalui Edin Dzeko pada menit ke-21. Sayang, gol tersebut dianulir wasit karena hakim garis menganggap Dzeko lebih dulu berada di posisi offside.

Gol yang ditunggu-tunggu fans Nigeria pun tercipta setelah Peter Odemwingie sukses mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-29. Menerima umpan silang Emenike, Odemwingie melepaskan tendangan akurat yang bolanya masuk ke dalam gawang Bosnia-Herzegovina.

Tertinggal, Bosnia-Herzegovina mencoba membalas. Pada menit ke-45, Dzeko kembali mendapatkan peluang. Namun, beruntung bagi Nigeria, kiper Vincent Enyeama mampu melakukan penyelamatan gemilang saat menepis bola tendangan Dzeko.

Pada paruh kedua, kedua tim masih saling jual beli serangan. Pada injury time, lagi-lagi Dzeko tidak beruntung karena bola tendangannya masih membentur mistar gawang. Skor 1-0 untuk Nigeria pun tetap bertahan hingga laga usai.

Menurut catatan FIFA, sepanjang pertandingan, Nigeria menguasai bola sebanyak 45 persen dan melepaskan 13 tembakan akurat dari 20 usaha. Adapun Bosnia-Herzegovina menciptakan 10 peluang emas dari 18 percobaan.

Susunan pemain:
Nigeria: 1-Vincent Enyeama, 2-Joseph Yobo, 5-Efe Ambrose, 13-Juwon Oshaniwa, 22-Kenneth Omeruo, 7-Ahmed Musa (23-Shola Ameobi 65), 8-Peter Odemwingie, 10-John Obi Mikel, 17-Ogenyi Onazi, 18-Michael Babatunde, 9-Emmanuel Emenike
Pelatih: Stephen Keshi

Bosnia-Herzegovina: 1-Asmir Begovic, 4-Emir Spahic, 7-Muhamed Besic, 13-Mensur Mujdza, 15-Toni Sunjic, 8-Miralem Pjanic, 10-Zvjezdan Misimovic, 16-Senad Lulic (23-Sejad Salihovic 58), 18-Haris Medunjanin (14-Tino-Sven Susic 64), 20-Izet Hajrovic (9-Vedad Ibisevic 57), 11-Edin Dzeko
Pelatih: Safet Susic

Wasit: Peter O Leary (Selandia Baru)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com