Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Gol-gol Bunuh Diri Paling Tenar pada Piala Dunia

Kompas.com - 13/06/2014, 15:51 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Bek Brasil, Marcelo, baru saja mencetak rekor sebagai pemain pertama yang mencetak gol bunuh diri dalam laga pembuka Piala Dunia, Kamis (12/6/2014) waktu setempat. Beruntung, gol Marcelo ini tidak membawa kekalahan bagi timnya, setelah Brasil membalas dengan tiga gol ke gawang Kroasia.

Ini kali pertama gol pembuka Piala Dunia tercipta melalui gol bunuh diri. Selain itu, Marcelo juga tercatat sebagai satu-satunya pemain Brasil yang melakukan gol bunuh diri dari 98 pertandingan resmi Selecao selama Piala Dunia.

Sebelum gol bunuh diri Marcelo ini, banyak momentum gol bunuh diri lainnya yang tercipta pada Piala Dunia. Yang paling fenomenal tentu saja gol bunuh diri Andres Escobar pada Piala Dunia 1994, yang membuatnya tewas dibunuh.

Sementara itu, gol bunuh diri pertama yang tercipta pada Piala Dunia terjadi saat Piala Dunia 1930 di Uruguay. Pemain Meksiko bernama Manuel Rosas mencetak gol bunuh diri saat timnya dikalahkan Cile 0-3.

Lalu ada gol bunuh diri tercepat pada Piala Dunia yang terjadi tahun 2006. Gol itu dicetak oleh pemain Paraguay, Carlos Gamarra, saat bersua Inggris. Kala itu, bola tendangan bebas David Beckham pada menit ketiga disundul oleh Gamarra, tetapi malah masuk ke gawang sendiri.

Spanyol juga pernah masuk dalam tim yang mencetak gol bunuh diri, bahkan dicetak oleh kiper veteran Andoni Zubizarreta. Spanyol harus menyerah 2-3 dari Nigeria pada Piala Dunia 1998. Salah satu gol Nigeria tercipta akibat blunder kiper Zubizarreta yang salah mengantisipasi bola silang Garba Lawal.

Sementara itu, legenda Jerman, Berti Vogts, menjadi pahlawan pada Piala Dunia 1974 dengan mengantarkan Jerman Barat sebagai juara. Namun, pada 1978, Vogts malah mencetak gol bunuh diri saat melawan Austria, yang memberikan kemenangan pertama Austria atas Jerman Barat dalam 47 tahun keikutsertaan mereka pada perhelatan akbar ini.

Ada pula dua gol bunuh diri yang tercipta dalam satu pertandingan, yakni pada Piala Dunia 2002 yang mempertemukan Amerika Serikat kontra Portugal. Laga tersebut dimenangi AS dengan skor 3-2. Pemain Portugal, Jorge Costa, membuat gol bunuh diri pada menit ke-29, sementara bek AS, Jeff Agoos, menjebol gawang sendiri pada menit ke-71.

Terakhir, yang paling tragis, adalah Andres Escobar. Pada Piala Dunia 1994, Kolombia kalah 1-2 dari tuan rumah Amerika Serikat. Escobar, yang coba memotong bola silang, malah menceploskan bola ke gawang sendiri. Setelah pulang ke Kolombia, Escobar ditemukan tewas ditembak di wilayah Medellin, Kolombia. Pembunuhan ini dikaitkan dengan gol bunuh diri tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com