Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Vs Slovenia: Hujan Kritik, Southgate Tak Ambil Pusing

Kompas.com - 25/06/2024, 19:00 WIB
Aliyah Shifa Rifai,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, memilih untuk tutup telinga dan mengabaikan kritik yang diberikan terhadap skuadnya.

Bertanding di Euro 2024 atau Piala Eropa 2024, skuad Inggris diisi oleh sejumlah pemain dengan kualitas tinggi.

Beberapa nama tersebut adalah Jude Bellingham, Harry Kane, Cole Palmer, dan Phil Foden. Mereka tampil apik sepanjang musim 2023-2024 di Premier League.

Terasa wajar jika kemudian Inggris menjadi salah satu negara yang difavoritkan untuk bisa menjuarai Euro 2024.

Namun, skuad besutan Southgate dinilai belum mencapai potensi maksimal mereka. Tim Tiga Singa justru mendapat kritik setelah ditahan imbang 1-1 oleh Denmark pada Kamis (20/6/2024) lalu.

Baca juga: Perancis Vs Polandia: Topeng Mbappe, Bayang Bagan Kematian Euro 2024

Southgate dinilai banyak mengambil keputusan-keputusan yang tidak seharusnya dilakukan.

Salah satu pemain terbaik Chelsea, Cole Palmer, yang mengemas 22 gol di Liga Inggris 2023-2024, hanya diizinkan Southgate untuk "menonton" Euro 2024 dari bangku cadangan.

Selain itu, Southgate dinilai juga tak menaruh Phil Foden dan Trent Alexander-Arnold pada posisi natural mereka.

Phil Foden dalam dua laga awal Grup C Euro 2024 ditempatkan Southgate di pos penyerang sayap kiri dalam skema 4-2-3-1, bukan sebagai penyerang lubang atau pemain "nomor 10".

Di sisi lain, Trent Alexander-Arnold yang berposisi asli sebagai bek kanan, disulap Southgate menjadi gelandang jangkar, bertandem dengan Declan Rice.

Kendati demikian, Southgate mengatakan bahwa dirinya enggan terlalu memedulikan kritik yang dilontarkan untuknya dan tim.

"Itulah dunia tempat kita berada. Saya tidak peduli, itu tidak penting bagi saya sama sekali,” tutur Southgate, dikutip dari BBC.

"Yang penting bagi saya adalah memimpin tim ini melalui turnamen. Kami adalah tim besar dengan banyak harapan dan kami memahami segala sesuatu yang kami lakukan akan dikritik. Saya sangat nyaman dengan kehidupan itu.”

Baca juga: Ketika Brasil Vs Kosta Rika Bikin Neymar Heran...

"Saya tidak perlu mendengarkan suara dari luar karena saya adalah kritikus terbesar bagi diri saya sendiri dan saya pikir para pemain juga demikian,” ujar Southgate.

Lebih lanjut, pelatih berusia 53 tahun itu juga menyebut bahwa tim telah mengadakan diskusi internal usai melakoni dua laga awal di Euro 2024.

"Kami tahu apa yang telah kami lakukan dengan baik dan kami tahu di mana kami perlu berkembang, kami sangat jujur tentang hal itu. Begitulah cara Anda melatih tim dan meningkatkan performa,” kata Southgate.

Terdekat, Southgate akan memimpin Inggris untuk berlaga melawan Slovenia. Matchday ketiga Grup C Euro 2024 antara Inggris vs Slovenia akan digelar di Cologne Stadium pada Selasa (25/6/2024) atau Rabu dini hari WIB.

Inggris saat ini tengah memimpin klasemen Grup C dengan empat poin. Tim Tiga Singa akan melaju ke 16 besar Euro 2024 sebagai juara Grup C dengan mengalahkan Slovenia.

Apabila partai kontra Slovenia berujung seri, Inggris bisa tetap memuncaki Grup B asalkan Denmark gagal menang atas Serbia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com