Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Vs Polandia: Topeng Mbappe, Bayang Bagan "Kematian" Euro 2024

Kompas.com - 25/06/2024, 16:30 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Perancis disebut bakal menampilkan Kylian Mbappe dalam duel kontra Polandia. Les Bleus menyasar juara Grup D agar tak masuk bagan "kematian" Euro 2024.

Partai Grup D Euro 2024 antara Perancis vs Polandia akan digelar di Stadion BVB, Dortmund, Selasa (25/6/2024) pukul 23.00 WIB.

Perancis telah dipastikan lolos ke babak 16 besar Euro 2024, setidaknya sebagai salah satu tim peringkat tiga terbaik, menyusul hasil laga Grup B yang memuat kekalahan Albania 0-1 dari Spanyol.

Kendati demikian, Perancis masih punya misi pada laga pamungkas Grup D melawan Polandia, tim yang sudah dipastikan tersingkir dari Euro 2024.

Tim beralias Les Bleus (Si Biru) itu jelas ingin menutup fase grup Piala Eropa 2024 di puncak klasemen.

Baca juga: Perancis Vs Polandia, Beban Lewandowski Tatap Penampilan Ke-200

Perancis akan melaju ke 16 besar Euro 2024 sebagai pemuncak Grup D andai mereka menang atas Polandia, sementara di tempat lain Belanda tak bisa membekuk Austria.

Saat ini, tiga tim Grup D yakni Belanda (4 poin), Perancis (4), dan Austria (3) masih sama-sama berpeluang menjadi pemuncak grup.

Lolos sebagai juara Grup D akan menghindarkan Perancis dari jalan berat di Euro 2024. Media Perancis, RMC Sport, menyebutnya sebagai "tableau de la mort" atau bagan kematian.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by 433 (@433)

Label horor yang disematkan RMC Sport itu mengacu kepada situasi jika Perancis gagal menjadi juara Grup D dan hanya berakhir di posisi dua.

Maka, pada fase 16 besar nanti, mereka akan tergabung di bagan berat yang kini sudah memuat negara-negara mapan seperti Spanyol, Jerman, dan Portugal.

Dengan kata lain, Perancis berpotensi besar untuk bertemu tim-tim itu dalam upaya mereka menembus partai puncak Piala Eropa 2024.

Seperti diketahui, runner up Grup D dijadwalkan akan berjumpa peringkat kedua Grup E pada fase 16 besar Piala Eropa 2024.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung dan Link Streaming Euro 2024 Perancis Vs Polandia

Tim yang memenangi laga tersebut akan beradu dengan pemenang duel Portugal vs tim peringkat tiga Grup A/B/C di perempat final.

Dengan asumsi Perancis bisa terus melangkah sampai ke semifinal sebagai runner up Grup D, ada potensi mereka akan berjumpa Jerman atau Spanyol pada babak empat besar.

Melihat potensi pertemuan itu, bagan sebelah terasa lebih ringan buat Perancis. Saat ini, bagan tersebut baru diisi oleh Swiss dan Italia yang akan saling beradu pada babak 16 besar 29 Juni nanti. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com