Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arema FC Perkenalkan Joel Cornelli sebagai Pelatih Baru

Kompas.com - 25/06/2024, 15:40 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Teka-teki sosok berambut putih yang akan menjadi pelatih baru Arema FC akhirnya terjawab. Joel Cornelli diperkenalkan sebagai peracik taktik Singo Edan.

Pelatih asal Brasil, Joel Cornelli, secara resmi diperkenalkan di Kandang Singa, Kantor Arema FC, Kota Malang, Selasa (25/6/2024) siang.

Harapan Arema FC untuk mendapatkan pelatih asal Brasil pun akhirnya kesampaian.

Setelah manajemen Singo Edan intens berdiskusi dengan sejumlah asisten pelatih dalam rentang kurang lebih satu bulan belakangan, pilihan akhirnya dijaatuhkan kepada Joel Cornelli.

Baca juga: Arema FC Rilis Jersey Pramusim, Nuansa Klasik, Nostalgia 1996-1997

"Hasil istikharah yang masuk incaran manajemen. Yang jelas Arema sangat berkeinginan untuk dilatih pelatih asal Brasil," ujar Direktur Operasional Arema FC, Sudarmaji.

"Beberapa kesempatan, beberapa tahun lalu tidak berjodoh. Kesamaan filosofi, agresivitas. Permainan ideal yang agresif, artinya positif, bukan yang arah mencederai lawan. Dari kesamaan filosofi itu akhirnya ketemu."

"Dia juga pernah melatih di Asia dan memahami klub-klub di Asia," kata Sudarmaji menambahkan.

Joel Cornelli dikontrak selama satu musim dan ditargetkan bisa membawa Arema FC bersaing di papan atas Liga 1 2024-2025.

"Dia kami kontrak satu musim, kalau klausul tertentu masih belum ada. Intinya ingin membawa Arema ke papan atas," kata Sudarmaji.

Setelah resmi diperkenalkan sebagai pelatih Arema FC di Liga 1 2024-2025, Joel Cornelli melakukan tanya jawab dengan media di Kandang Singa Kantor Arema FC Kota Malang, Selasa (25/6/2024) siang. KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU Setelah resmi diperkenalkan sebagai pelatih Arema FC di Liga 1 2024-2025, Joel Cornelli melakukan tanya jawab dengan media di Kandang Singa Kantor Arema FC Kota Malang, Selasa (25/6/2024) siang.
Joel Cornelli memiliki sederet pengalaman sebagai pelatih. Ia pernah melatih tim China, Guangdong Sports.

Ia juga menorehkan prestasi kala membawa tim wanita Etihad Club menjadi juara Jordan Women's Pro League tahun 2023 lalu.

Pelatih berusia 57 tahun itu mengaku senang bisa bergabung dengan Arema FC. Sebelum diperkenalkan, ia cukup tahu karakter Arema yang lekat dengan permainan agresif.

"Saya cukup senang berada di sini. Arema punya suporter luar biasa, tim besar dan saya punya tanggung jawab besar di sini," ujar Joel Cornelli.

"Ketika dapat kabar ke Arema, saya senang sekali, makanya saya antusias hadir di sini," ucapnya.

Baca juga: Arema FC Pastikan Akan Kembali Gunakan Pelatih Asing

Joel Cornelli berawal dari pemain sepak bola sebelum kemudian beralih profesi menjadi pelatih. 

"Terakhir kali saya melatih klub di Etihad Club di Arab," ujarnya.

"Saya juga pernah melatih Al Shabab, Al Ain, dan juga melatih beberapa klub di China," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com