Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Italia Vs Albania: Ketika Buffon Merasa Tak Biasa…

Kompas.com - 15/06/2024, 21:00 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Pemimpin rombongan timnas Italia di Euro 2024, Gianluigi Buffon, merasakan hal yang tak biasa jelang laga pembuka kontra Albania.

Partai Grup B antara Italia vs Albania akan tersaji di Signal Iduna Park yang selama Euro 2024 akan disebut dengan nama Stadion BVB, Sabtu (15/6/2024) atau Minggu (16/6/2024) dini hari WIB.

“Saya merasa tak biasa, sudah sekian bulan lamanya sejak terakhir saya merasakan sensasi semacam  ini,” ujar Buffon dilansir Football Italia dari Vivo Azzurro TV.

Buffon sudah gantung sarung tangan dan tak akan menjaga gawang Italia di Euro 2024.

Baca juga: Italia Vs Albania, Tekanan di Pundak Gli Azzurri

Ia kini punya tugas baru yang tak kalah penting, yakni sebagai capo delegazione alias ketua rombongan timnas Italia di Piala Eropa 2024.

Sebelumnya, posisi itu dijalankan dengan sangat baik oleh mendiang Gianluca Vialli, yang turut berjasa mendampingi Italia menjuarai Euro 2020 silam. 

Buffon pun sadar ia tengah memikul sebuah tanggung jawab besar. Italia datang ke Jerman, tempat diselenggarakannya Euro 2024, dengan membawa status juara bertahan. 

“Seiring mendekatnya turnamen, adrenalin perlahan meningkat,” ujar Buffon.

Jerman menyimpan memori indah buat Buffon. Di negara itu, Buffon pernah mengantar Italia menjuarai Piala Dunia 2006.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Euro 2024 Malam Ini, Ada Spanyol dan Italia

Stadion BVB yang akan menyuguhkan duel Italia vs Albania di Euro 2024, sekitar 18 tahun silam menjadi saksi penyelamatan demi penyelamatan Buffon yang bikin frustrasi pasukan Jerman di Piala Dunia 2006. 

“Saya pikir tubuh saya hanya memberikan reaksi natural seturut 30 tahun pengalaman merasakan sepak bola di level ini,” ucap kiper Italia di Euro 2004, 2008, 2012, dan 2016, soal perasaan tak biasa yang dirasakannya saat ini.

Buffon percaya pengalamannya mentas di level tinggi bisa menjadi semacam uluran tangan bantuan untuk personel terkini Gli Azzurri (Si Biru).

“Saya berusaha memberikan kontribusi. Bergantung kepada apa yang saya rasa sedang dialami pemain.”

“Saya bisa mencoba memberikannya sesuatu yang lebih untuk melalui momen sulit atau menghadapi momen penuh antusiasme lain,” kata pria yang biasa disapa Gigi itu.  

Buffon, yang pada awal kariernya sering memakai kaus dalam Superman, merasa Italia bisa melalui Euro 2024 dengan gemilang.

“Jika pemain cukup terbebas dari tekanan untuk menunjukkan kualitas di lapangan, kami bisa menjadi protagonis di Euro kali ini,” tutur pria kelahiran Carrara yang memulai karier Serie A bersama Parma itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com