Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Euro 2024: Giroud Kiper Perancis, 1.000 Paru-paru Kante Pukau Mbappe

Kompas.com - 15/06/2024, 20:30 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Kamp timnas Perancis selama Euro di Bad Lippspringe, Padeborn, menyimpan sejumlah kejutan. Giroud jadi kiper lagi dan paru-paru Kante pukau Mbappe.

Perancis tengah serius menempa diri jelang laga pertama mereka di Euro 2024 melawan Austria pada 17 Juni mendatang di Dusseldorf Arena. 

Pasukan arahan Didier Deschamps memilih Bad Lippspringe di Distrik Padeborn, Jerman sebagai arena mengasah kemampuan.

Kejutan terjadi dalam sesi latihan Perancis. Dalam sebuah video pendek yang dibagikan situs resmi Euro 2024, Giroud tampak sedang beraksi di bawah mistar gawang.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Euro 2024 Malam Ini, Ada Spanyol dan Italia

Penyerang tersubur sepanjang masa Perancis dengan 57 gol itu bukan sedang melakukan latihan penyelesaian.

Giroud justru tengah memamerkan kemampuannya membendung tembakan. Ya, pria kelahiran Chamberry itu tampil lagi jadi kiper dan tampak nyaman terbang menepis bola.

Bermain sebagai kiper adalah pengalaman unik yang pernah dirasakan Giroud pada musim 2023-2024 lalu, kala dirinya masih terikat kontrak dengan AC Milan.

Dalam laga kontra Genoa di Stadion Luigi Ferraris pada 7 Oktober 2023 silam, Giroud mau tak mau berdiri di bawah mistar gawang Milan usai sang kiper Mike Maignan terkena kartu merah dan jatah pergantian pemain timnya sudah habis.

Saat bertugas sebagai kiper Milan, Giroud sempat membuat sebuah aksi krusial dengan meninju bola dalam situasi duel dengan penyerang Genoa, George Puscas.

Baca juga: Spanyol Vs Kroasia, Modric Sebut La Roja Tim Favorit di Euro 2024

Pengalaman heroik itu seperti ingin dibangkitkan Giroud lagi dalam sesi latihan timnas Perancis jelang Euro 2024.

Kejutan lain dalam sesi latihan Perancis adalah N’Golo Kante. Gelandang pekerja keras yang akrab disapa "NG" itu membuat rekan setimnya, Kylian Mbappe terpukau.

Kante yang kembali ke timnas Perancis setelah dua tahun absen, ternyata sama sekali tak kehilangan sentuhan.

Malahan, menurut Mbappe, Kante yang kini membela Al Ittihad (Arab Saudi) bersama Karim Benzema, kian menunjukkan kematangan.

“Dari hari pertama, dia menyingkirkan semua keraguan. Orang ini tidak kehilangan suatu apa pun. Dia punya seribu paru-paru,” ujar Mbappe, dilansir Onze Mondial dari Ouest France.

“Namun, dia tidak hanya banyak berlari, dia juga berlari dengan cerdas. Dia paham bagaimana menempatkan posisi, mengantisipasi, dan membaca permainan,” kata Mbappe menambahkan.

Mbappe kenal betul dengan kualitas Kante. Mereka berdua merupakan bagian dari tim Perancis arahan Didier Deschamps yang menjuarai Piala Dunia 2018 di Rusia.

“Dia selalu seperti itu, tapi dia berkembang dalam hal ini seiring waktu dan pengalaman. Saya yakin dia akan menjalani turnamen yang hebat,” ucap Mbappe yang seperti Kante, sama-sama mentas dari kawasan pinggiran Kota Paris.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com