Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penundaan Liga 1 demi Piala Asia U23, PSSI Pilih Momentum ke Timnas

Kompas.com - 31/03/2024, 21:36 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - PSSI resmi meliburkan kompetisi Liga 1 2023-2024 seiring dengan bergulirnya Piala Asia U23 2023-2024. 

PSSI memberi surat permohonan kepada PT LIB pada Sabtu (30/3/2024) malam WIB setelah dilakukan rapat darurat oleh para anggota komite eksekutif.

Kompetisi tertinggi Tanah Air akan dihentikan untuk sementara demi menunjang Timnas Indonesia di Piala Asia U23 yang akan bergulir pada 15 April-3 Mei 2024, 

Hal ini tentu berdampak pada peserta kompetisi karena sejatinya, Regular Series (musim regular) akan selesai pada akhir April sebelum empat klub teratas memainkan Championship Series pada Mei 2024.

Baca juga: Resmi, Liga 1 Libur Hingga Piala Asia U23 Usai

Bagi pengamat sepak bola Weshley Hutagalung, hal ini imbas dari ambisi tinggi federasi di Piala Asia U23.

"Bagi federasi, momentum besarnya perhatian dan harapan publik sepak bola pada tim nasional, di semua kelompok usia, pasti ingin dimaksimalkan," ujar Weshley kepada Kompas.com.

"Apalagi, target di event ini tidak main-main, masuk 8 besar. Artinya, Garuda Muda harus bisa mendapatkan posisi dua besar di Grup A yang dihuni tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania."

"Bila tak semua negara peserta berhasil memboyong pemain terbaik karena tidak mendapatkan izin dari klub pemilik akibat kejuaraan tidak termasuk kalender FIFA, bukankah ini kesempatan baik bagi PSSI untuk mendapatkan pujian pencinta sepak bola Indonesia?"

"Timnas berprestasi, wajah-wajah pengurus PSSI pasti berseri-seri."

Pelatih Indonesia Shin Tae Yong memberikan arahan dari pinggir lapangan, dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis, (21/3/2024). Indonesia menang atas Vietnam dengan skor 1-0, melalui gol dari Egy Maulana Vikri.KOMPAS.com/ANTONIUS ADITYA MAHENDRA Pelatih Indonesia Shin Tae Yong memberikan arahan dari pinggir lapangan, dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis, (21/3/2024). Indonesia menang atas Vietnam dengan skor 1-0, melalui gol dari Egy Maulana Vikri.

Namun, di sisi lain, jurnalis senior ini juga mempertanyakan apakah Piala Asia U23 nanti layak untuk menjadi "pengadilan" bagi Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas Indonesia.

Ya, PSSI memang mengutarakan dua syarat agar kontrak STY di kursi kepelatihan Timnas Indonesia yang akan berakhir pada 30 Juni 2024 diperpanjang.

Timnas Indonesia asuhannya dituntut lolos dari fase grup Piala Asia 2023, suatu hal yang berhasil ia lakukan, dan juga di Piala Asia U23 2024 ini.

"Dengan memberikan segala kemudahan dan amunisi pemain yang dibutuhkan STY, PSSI juga beralasan membantu klub-klub Liga 1 yang tak harus kehilangan pemain U23 yang dipanggil Coach Shin bila kompetisi terus berjalan," tutur mantan Pemimpin Redaksi Tabloid BOLA tersebut.

Baca juga: Bali United Sayangkan Penundaan Liga 1, Momentum Bagus Usai Bekuk Persija

Ia pun mempertanyakan apakah PSSI sungguh berorientasi setara antara timnas, walau itu kelompok usia, dan klub yang memiliki pemain-pemain bersangkutan.

Pengamat sepak bola Tanah Air dan mantan Pemimpin Redaksi Tabloid BOLA serta BolaSport.com, Weshley Hutagalung.DOK PRIBADI Pengamat sepak bola Tanah Air dan mantan Pemimpin Redaksi Tabloid BOLA serta BolaSport.com, Weshley Hutagalung.

Belum lagi, kesannya keputusan diambil secara menit akhir pada Sabtu (30/3/2024) dan langsung berlaku saat pekan ke-31 Liga 1 mulai pada Senin (1/4/2024).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com