Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hikmah yang Bisa Diambil Persib di Balik Penundaan Liga 1 2024 

Kompas.com - 31/03/2024, 09:30 WIB
Adil Nursalam,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Kompetisi Liga 1 2023-2024 resmi ditunda mulai pekan ke-31 berdasarkan keputusan Komite Eksekutif PSSI menimbang kebutuhan timnas U23 Indonesia yang akan mentas pada Piala Asia U23 2024

Penundaan kompetisi diputuskan pada Sabtu (30/3/2024) malam hingga selesainya gelaran Piala Asia U23 awal Mei yang akan berlangsung di Qatar. 

Penundaan tersebut ada sedikit hikmah untuk Persib Bandung. Pasalnya tim arahan Bojan Hodak itu saat ini sedang ditimpa beberapa masalah yang mengganggu performa tim. 

Mulai dari permasalahan David da Silva dengan manajemen soal finansial yang menyebabkan ia mangkir latihan, mogok bertanding.

Baca juga: Saat Kedalaman Skuad Persib Dapat Ujian Jelang Reguler Series Berakhir...

Lalu badai cedera yang menimpa pemain andalan seperti Marc Klok, Ryan Kurnia, Ciro Alves, dan Beckham Putra. 

Absennya beberapa pemain tersebut cukup mengkhawatirkan karena Persib sedang dalam perburuan tiket Championship Series (empat besar).

Diharapkan ketika kompetisi kembali berlanjut, pemain-pemain di atas sudah bisa kembali merumput hingga Maung Bandung kembali punya kekuatan penuh. 

Dokter tim Persib Rafi Ghani mengabarkan kondisi para pemainnya yang mengalami cedera mulai dari Ciro Alves. 

Baca juga: Persib Ditahan Bhayangkara, Cemas Ciro Alves dan Beckham Putra Cedera

Sang penyerang sayap asal Brasil itu tengah menjalani pemulihan lewat terapi rutin yang dibantu fisioterapi tim Benidektus Adi Prianto. 

"Ciro kena pukulan oleh lutut lawan di bagian pahanya. Itu pun sama di bagian paha kiri mengalami nyeri yang cukup hebat," terang Dokter Rafi. 

"Namun, sekarang alhamdulillah rasa nyerinya sudah berkurang. Kami sudah lakukan terapi dan fisioterapi, mudah-mudahan secepatnya akan pulih,” kata Rafi. 

Baca juga: Respons Pelatih Persib Usai David Da Silva Mogok Latihan

Beckham Putra terindikasi mengalami cedera fraktur di punggung kaki kanannya. Dia dikabarkan akan menjalani pemeriksaan lanjutan lewat CT Scan untuk memastikan. 

Sementara itu, cedera hamstring Ryan Kurnia masih dalam penanganan tim medis, walaupun membaik pasca-diistirahatkan di laga terakhir, tetapi rasa nyeri masih dirasakan. 

“Ryan Kurnia masih ada nyeri sedikit di bagian lututnya, kami masih jalani juga fisioterapi sampai benar-benar tidak ada keluhan,” terang Rafi. 

Baca juga: Saat Debutan Muda Persib Jail dan Diperingatkan Radja Nainggolan...

Terakhir Marc Klok yang menjalani pemeriksaan ke Singapura terkait cedera tendon achilles kaki kanan. 

Usai melakukan pemeriksaan kini Marc Klok tengah beristirahat dan menjalani program pemulihan berdasarkan saran dari dokter spesialis. 

"Jadi, ada sedikit gangguan di bagian tendon achilles kaki kanannya, ia merasa tidak nyaman karena nyeri setiap kali beraktivitas dengan intensitas tinggi di latihan dan pertandingan,” terang Rafi. 

"Jadi, pada saat dia di timnas Klok izin untuk melakukan terapi atau pemeriksaan di Singapura. Namun, sekarang sudah kembali di Bali untuk tetap melaksanakan aktivitas untuk perbaikan tendon achilles-nya," kata Rafi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com