Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Toni Kroos Soal Gol Kilat Wirtz: Sudah Direncanakan!

Kompas.com - 24/03/2024, 06:02 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Gelandang Timnas Jerman, Toni Kroos, berbicara soal gol kilat Florian Wirtz pada laga uji coba internasional kontra Timnas Prancis pada Minggu (24/3/2024) dini hari WIB.

Gol Florian Wirtz datang hanya delapan detik setelah kickoff laga di Stadion Groupama, Lyon, tersebut.

Setelah kick off laga, Toni Kroos terlibat langsung dengan dirinya melepas operan panjang ke Wirtz yang berlari di posisi sentral ke arah gawang Prancis tanpa terjaga.

Pemain Leverkusen itu dua kali melakukan sentuhan untuk menggiring bola sebelum melepas tembakan roket yang mengelabui Brice Samba di gawang Les Blues.

Baca juga: Hasil Prancis Vs Jerman 0-2, Gol Kilat Warnai Kemenangan Der Panzer

Gol delapan detik ini menjadi yang tercepat sepanjang sejarah DFB (PSSI-nya Jerman).

Gol tercepat Timnas Jerman sebelum ini datang saat Lukas Podolski mencetak gol pada detik kesembilan laga persahabatan kontra Ekuador pada Mei 2013.

Ini juga merupakan gol pertama Wirtz dalam 15 penampilan bersama timnas senior Jerman.

Seusai laga, Kroos yang melakukan comeback-nya di sepak bola internasional, mengutarakan bahwa gol tersebut bukan kebetulan.

"Kami telah melatihnya sebelum ini," ujar gelandang Real Madrid yang kembali memperkuat Jerman setelah absen 998 hari itu seperti dikutip dari Kicker.

"Ini sebenarnya merupakan bagian dari rencana yang telah kami punya. Para pelatih telah menyiapkan ini sejak empat bulan lamanya."

Kendati begitu, gol kilat Wirtz hanya nyaris menjadi rekor dunia.

Uniknya, rekor gol tersebut pecah pada malam sama beberapa jam sebelum pertandingan ini.

Gelandang Austria, Christoph Baumgartner, mencatatkan namanya di buku sejarah dengan gol yang ia cetak pada detik keenam laga Austria vs Slovakia.

Gol ini mengalahkan rekor gol tercepat di dunia sebelumnya , yang dicetak oleh pemain Belgia Christian Benteke pada detik 8,1 dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Gibraltar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com