Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Asia 2023 Pecahkan Rekor Penonton, Bertabur Kisah Bersejarah

Kompas.com - 30/01/2024, 14:30 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Piala Asia 2023 baru masuk fase 16 besar. Kendati demikian, Piala Asia 2023 Qatar telah memecahkan rekor penonton di sepanjang sejarah penyelenggaraan turnamen.

Ajang prestisius di Qatar tahun ini merupakan edisi ke-18 Piala Asia, yang pertama digelar pada 1956.

Pergelaran Piala Asia 2023 Qatar sukses menyedot banyak penggemar. Laga 16 besar antara tuan rumah Qatar vs Palestina di Stadion Al Bayt, Senin (29/1/2024) malam disaksikan 63.753 penonton.

Rekor pun tercipta, secara kumulatif, terhitung sejak awal turnamen, Piala Asia 2023 telah disaksikan langsung oleh 1,06 juta penonton di stadion. 

Jumlah penonton di Piala Asia 2023 Qatar melampaui rekor sebelumnya, yakni pada edisi 2004 di China.

Baca juga: Piala Asia 2023: Indonesia Gugur Terhormat, Disebut Beri Masalah ke Australia

Kala itu, Piala Asia 2004 China menarik atensi 1,04 juta penonton yang menyaksikan langsung di stadion.

Rekor penonton milik Piala Asia 2023 Qatar masih bisa dipertajam mengingat turnamen saat ini baru memasuki fase 16 besar. 

"Sejak awal, kami tahu bahwa Piala Asia Qatar 2023 akan menjadi pergelaran yang paling mudah dijangkau dan menarik dalam sepanjang sejarah turnamen," ujar Sekretaris Jenderal AFC, Datuk Seri Windsor.

"Sepak bola memiliki kekuatan yang tak terbantahkan untuk menyatukan orang dan hal itu paling nyata terlihat di sini, Qatar, pada panggung paling bergengsi Asia," katanya di situs resmi AFC.

"Pencapaian ini adalah penghargaan untuk fan yang bersemangat dan teman kami dari Federasi Sepak Bola Qatar, serta panitia lokal Piala Asia 2023."

"AFC ingin menyampaikan terima kasih sebesar-sebesarnya kepada seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat Qatar atas kehangatan dan keramahtamahan yang tiada banding," tutur Datuk Seri Windsor menambahkan.

Baca juga: Jadwal 16 Besar Piala Asia 2023, Uzbekistan Vs Thailand, Pasukan Mancini Lawan Korea

Sejauh ini, Piala Asia 2023 Qatar telah memunculkan sejumlah pencapaian bersejarah.

Palestina akhirnya menuai kemenangan perdana sepanjang partisipasi di Piala Asia, usai melibas Hong Kong 3-0 pada laga Grup C, 23 Januari silam. 

Hasil itu membantu Palestina kepada pencapaian bersejarah lain, yakni lolos ke 16 besar Piala Asia. Langkah mereka kemudian dihentikan tuan rumah Qatar yang menang 2-.1 

Pencapaian historis juga dibukukan timnas Indonesia yang menapak fase 16 besar Piala Asia untuk pertama kalinya. 

Tim debutan Tajikistan pun tampil mengejutkan. Pasukan arahan eks pelatih PSM, Petar Segrt, itu terus melanjutkan kisah indah dengan lolos ke perempat final Piala Asia 2023.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com