Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cedera Panjang, Neymar Harus Lupakan Copa America

Kompas.com - 20/12/2023, 22:00 WIB
Ferril Dennys

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Kapten tim nasional Brasil Neymar Jr dipastikan tidak bisa tampil di ajang Copa America atau Piala Amerika 2024 yang berlangsung mulai 20 Juni 2024.

Neymar absen karena masih mengalami pemulihan cedera anterior cruciate ligament (ACL).

Dilansir dari Reuters, Rabu, dokter tim nasional Brazil Rodrigo Lasmar mengkonfirmasi bahwa penyerang timnas Brazil Neymar Jr belum bisa membela tim Samba pada Copa America 2024 karena belum pulih dari operasi lutut yang dijalaninya.

"Kami berharap dia (Neymar) akan siap untuk kembali pada awal musim 2024 di Eropa, yaitu pada bulan Agustus. Kita harus bersabar. Berbicara tentang kembali sebelum sembilan bulan adalah prematur," kata dokter timnas Brasil Rodrigo Lasmar.

Baca juga: Prediksi Skor dan Susunan Pemain Liverpool vs West Ham United Carabao Cup

Pencetak gol terbanyak Brasil menjalani operasi ACL pada November lalu setelah menderita ACL yang pecah dan meniskus di lutut kirinya saat membela Brasil di pertandingan jeda internasional pada Oktober.

Lasmar mengatakan pemain berusia 31 tahun itu diperkirakan tidak akan fit sampai Agustus dan mereka tidak berniat mengambil jalan pintas dalam proses pemulihan untuknya karena terlalu beresiko.

"Tidak akan ada waktu, terlalu dini, tidak ada gunanya melewatkan langkah untuk pulih lebih cepat dan mengambil risiko yang tidak perlu," kata Lasmar.

Lasmar mengungkapkan saat ini tubuh Neymar membutuhkan waktu untuk membangun kerusakan pada ligamen tersebut.

Terlalu berisiko jika mencoba mempercepat waktu pemulihan dari mantan pemain Barcelona tersebut.

"Sangat penting untuk memiliki waktu yang dibutuhkan tubuh (Neymar) untuk membangun ligamen itu. Harapannya adalah setelah waktu ini, dia akan memiliki pemulihan yang sangat baik," urai Lasmar.

Penyerang asal Brasil, Neymar, berpose dengan jersey Al Hilal saat upacara penandatanganan di Paris. Neymar telah menandatangani kontrak dengan Al Hilal dari PSG.Saudi Pro League/AFP Penyerang asal Brasil, Neymar, berpose dengan jersey Al Hilal saat upacara penandatanganan di Paris. Neymar telah menandatangani kontrak dengan Al Hilal dari PSG.

Neymar yang baru saja berseragam klub Liga Arab Al Hilal pada bursa transfer musim panas lalu, hanya tampil sebanyak lima kali bersama Al Hilal dan lebih banyak berkutat menghadapi cedera.

Di Copa America, Brasil tergabung di grup D bersama dengan Paraguay, Kolombia dan perwakilan dari zona Concacaf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com