Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pro-Kontra Penunjukan Mbappe sebagai Kapten Baru Timnas Perancis

Kompas.com - 22/03/2023, 12:00 WIB
Faishal Raihan

Penulis

KOMPAS.com - Penunjukkan Kylian Mbappe sebagai kapten baru timnas Perancis menimbulkan pro dan kontra.

Sebagaimana diketahui, Kylian Mbappe telah ditunjuk sebagai kapten baru timnas Perancis oleh Didier Deschamps.

Bintang Paris Saint-Germain (PSG) itu menggantikan kapten Les Bleus sebelumnya, Hugo Lloris, yang pensiun usai Piala Dunia 2022.

Kylian Mbappe dinilai memenuhi semua kualifikasi untuk menjadi pemimpin rekan-rekannya di timnas Perancis.

Lalu, yang bertugas sebagai wakil Mbappe di timnas Perancis adalah penyerang Atletico Madrid Antoine Griezmann.

Baca juga: Mbappe Kapten Baru Perancis: Griezmann Murka, Ancam Pensiun

"Kylian Mbappe adalah kapten Prancis yang baru. Antoine Griezmann adalah wakil kaptennya," kata pelatih timnas Perancis Didier Deschamps kepada Telefoot, dikutip dari ESPN, Rabu (22/3/2023).

"Kylian memenuhi semua syarat untuk memiliki tanggung jawab ini. Di lapangan maupun di dalam skuad, dengan menjadi elemen kunci," imbuh Deschamps.

Mbappe kemungkinan menjalani debutnya sebagai kapten pada laga perdana Grup B Kualifikasi Euro 2024 melawan Belanda di Stade de France, Sabtu (25/3/2023) dini hari WIB.

Pro dan kontra

Penunjukkan Kylian Mbappe sebagai kapten baru timnas Perancis menimbulkan beragam reaksi. Beberapa mendukung, tetapi ada juga yang tidak setuju.

Baca juga: Mbappe Kapten Baru Perancis, Diresmikan Sebelum Kualifikasi Euro 2024

Legenda timnas Perancis Robert Pires termasuk yang kurang setuju Mbappe menjadi kapten baru Perancis.

Pires terkejut dengan keputusan Deschamps dan merasa Griezmann lebih pantas mengemban tugas tersebut.

"Menimbang umur dan pengalaman, tahun-tahun berlalu, saya mengharapkan Griezmann yang dinominasikan. Saya terkejut," kata Pires kepada France Info, dikutip dari Sportskeeda.

"Dia adalah pemain yang kuat buat Didier (Deschamps), pemain yang paling diperhitungkan, yang memiliki masa jabatan terbanyak berturut-turut," imbuhnya.

"Saya menemukan kurangnya rasa hormat untuk Antoine, bahkan jika, saya bersikeras, saya tidak membenci Kylian," ucap mantan gelandang Arsenal itu.

Baca juga: Messi Tak Beri Salam Fan, Mbappe dan Neymar Sapa Kim Kardashian

Bintang timnas Perancis, Kylian Mbappe (kanan), merayakan golnya bersama Antoine Griezmann (kiri) pada laga Grup D Piala Dunia 2022 Qatar kontra Australia, 22 November 2022. Terdekat, Griezmann dan Mbappe bersama timnas Perancis akan menghadapi Argentina pada final Piala Dunia 2022 Qatar. Laga Argentina vs Perancis akan dihelat di Lusail Stadium, Minggu (18/12/2022) malam WIB. Erçin Ertürk / Anadolu Agency (Photo by Erçin Ertürk / ANADOLU AGENCY / Anadolu Agency via AFP)AFP/ ERAIN ERTA14RK Bintang timnas Perancis, Kylian Mbappe (kanan), merayakan golnya bersama Antoine Griezmann (kiri) pada laga Grup D Piala Dunia 2022 Qatar kontra Australia, 22 November 2022. Terdekat, Griezmann dan Mbappe bersama timnas Perancis akan menghadapi Argentina pada final Piala Dunia 2022 Qatar. Laga Argentina vs Perancis akan dihelat di Lusail Stadium, Minggu (18/12/2022) malam WIB. Erçin Ertürk / Anadolu Agency (Photo by Erçin Ertürk / ANADOLU AGENCY / Anadolu Agency via AFP)

Pires juga menekankan kepada publik untuk tidak lupa dengan jasa Griezmann, yang berperan penting mengantarkan Perancis ke final Piala Dunia 2022.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com