Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Dunia U20, Presiden Jokowi Tentukan Target buat Timnas Indonesia

Kompas.com - 07/02/2023, 16:40 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

Sumber Kemenpora

KOMPAS.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, tak memasang target muluk untuk timnas U20 Indonesia yang akan berkompetisi dalam ajang Piala Dunia U20 2023.

Presiden Joko Widodo disebut hanya meminta timnas U20 Indonesia untuk tampil secara maksimal saat tampil sebagai tuan rumah dalam ajang dua tahunan tersebut.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali ketika berbicara dalam wawancara bersama Kompas TV di Kemenpora, Jakarta, Senin (6/1/2023).

"Bapak Presiden mengharapkan anak-anak (timnas Indonesia) main secara maksimal," kata Zainudin Amali, dikutip dari laman resmi Kemenpora.

Baca juga: Daftar Tim Piala Dunia U20 2023 Indonesia, Brasil dan Uruguay Terbaru

"Beliau (presiden) tidak menargetkan muluk-muluk. Presiden tahu (kualitas) tim yang berlaga nanti," ujar Zainudin Amali.

Menpora Zainudin Amali menjelaskan bahwa Presiden Jokowi lebih bersikap realistis ketika membicarakan potensi pencapaian Indonesia di Piala Dunia U20 2023.

Meski begitu, Presiden Jokowi tetap mengharapkan hasil terbaik dari anak-anak asuh Shin Tae-yong.

Presiden Jokowi punya harapan agar perjuangan timnas U20 Indonesia tidak terhenti di babak penyisihan grup.

Baca juga: Piala Dunia U20 2023 Indonesia, 6 Stadion dalam Pantauan FIFA

"Sekali lagi, Bapak Presiden mengharapkan anak-anak main bagus, main maksimal," ucap Zainudin Amali.

"Kalau boleh ya jangan berhenti di babak penyisihan. Kita harus lolos, itu harapan dari Bapak Presiden," ucap Zainudin Amali kepada Kompas TV.

Zainudin Amali optimistis harapan dari Presiden Jokowi bisa tercapai.

Sebab, dia telah melihat perkembangan skuad Garuda Muda besutan pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

Baca juga: Menpora: Opening Ceremony Piala Dunia U20 2023 Digelar di Stadion GBK

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berbicara dalam konferensi pers terkait audiensi perwakilan klub Liga 2 di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, pada Senin (16/1/2023) siang WIB. Terkini, Menpora Zainudin Amali mengungkapkan bahwa opening ceremony atau upacara pembukaan Piala Dunia U20 2023 akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).KOMPAS.com/Benediktus Agya Pradipta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berbicara dalam konferensi pers terkait audiensi perwakilan klub Liga 2 di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, pada Senin (16/1/2023) siang WIB. Terkini, Menpora Zainudin Amali mengungkapkan bahwa opening ceremony atau upacara pembukaan Piala Dunia U20 2023 akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Zainudin Amali juga berharap kekuatan timnas U20 Indonesia akan bertambah setelah kedatangan pemain naturalisasi.

"Semoga dengan kehadiran pemain naturalisasi dapat membantu timnas Indonesia meningkatkan kualitas," kata Zainudin Amali.

"Mereka (pemain naturalisasi) dalam proses di Kemenkumham. Saya sudah koordinasi. Semoga proses itu cepat ya," tutur Zainudin Amali menjelaskan.

Adapun Piala Dunia U20 2023 di Indonesia dijadwalkan berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang.

Baca juga: Arkhan Kaka Jawab Tantangan Shin Tae-yong di Timnas U20

Sebelum berjuang sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023, timnas U20 Indonesia akan lebih dulu tampil dalam ajang Piala Asia.

Indonesia telah memulai pemusatan latihan sejak 1 Februari lalu untuk menatap Piala Asia U20 2023 yang akan berlangsung di Uzbekistan pada 1-18 Maret mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kemenpora
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com