Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala AFF 2022: 5 Pernik Menarik Kemenangan Indonesia atas Filipina

Kompas.com - 03/01/2023, 13:20 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Timnas Indonesia berhasil memetik hasil manis berupa kemenangan 2-1 saat bersua ke kandang Filipina, Rizal Memorial Stadium, Senin (2/1/2022) dalam laga pamungkas babak penyisihan Piala AFF 2022.

Dua gol Indonesia dicetak oleh Dendi Sulistyawan (21') dan Marselino Ferdinan (43'). Sementara gol semata wayang tuan rumah dicetak di pengujung laga oleh Jens Sebastian Beraque Rasmussen (83).

Hasil ini membuat Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2022 sebagai runner up Grup A bersama dengan Thailand, sang pemuncak klasemen. 

Indonesia dan Thailand sama-sama mengoleksi 10 poin. Namun, Thailand berhak menduduki puncak karena unggul selisih gol.

Baca juga: Piala AFF 2022: Penjualan Tiket Semifinal Timnas Indonesia Dibuka

Berikut ini 5 fakta kemenangan timnas Indonesia atas Filipina:

1. Ini menjadi kemenangan pertama Indonesia atas Filipina di ajang Piala AFF sejak 2014 silam. Sebelumnya tim Garuda sempat kesulitan saat menghadapi timnas berjuluk The Azkals dan berulang kali gagal memetik hasil maksimal.

Pada Piala AFF 2014, Timnas Indonesia kalah 0-4. Sementara dua pertemuan berikutnya berakhir imbang, masing-masing dengan skor 2-2 di Piala AFF 2016 dan 0-0 pada Piala AFF 2018.

2. Indonesia berhasil mempertahankan prestasi lolos ke fase semifinal dengan catatan tanpa kekalahan. Shin Tae-yong dan tim berhasil lolos dari penyisihan Grup A Piala AFF 2022 dengan mengemas tiga kemenangan dan sekali seri.

Prestasi ini mengulang catatan di Piala AFF 2020. Saat itu, Indonesia juga lolos ke semifinal dengan tiga kemenangan dan satu imbang dalam grup yang dihunu Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos.

3. Kiper M. Riyandi menjadi satu-satunya pemain yang belum diberikan kesempatan bermain oleh pelatih Shin Tae-yong di Piala AFF 2022 ini.

Baca juga: Piala AFF 2022: Update Nadeo yang Cedera Saat Bela Indonesia Lawan Filipina

Status penjaga gawang utama masih milik Nadeo Argawinata yang selalu menjadi starter dalam tiga laga fase grup.

Pada laga melawan FIlipina kiper asal Kediri tersebut mengalami cedera dan digantikan Syahrul Trisna.

4. Tidak ada pemain Indonesia yang bermain empat pertandingan penuh selama fase grup. Semuanya terdampak kebijakan rotasi.

Satu-satunya pemain yang hampir bermain empat pertandingan penuh adalah Nadeo Argawinata. Namun, ia mengalami benturan pada laga melawan Filipina dan digantikan Syahrul Trisna.

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (kanan) memberikan pernyataan kepada media usai membawa skuadnya menang 2-1 atas Filipina pada laga terakhir Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (2/1/2023). (ANTARA/Michael Siahaan)ANTARA FOTO/Michael Siahaan Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (kanan) memberikan pernyataan kepada media usai membawa skuadnya menang 2-1 atas Filipina pada laga terakhir Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (2/1/2023). (ANTARA/Michael Siahaan)

Pemain lainnya adalah Asnawi Mangkualam yang tampil empat pertandingan dengan total bermain 303 menit.

5. Kemenangan atas FIlipina melengkapi daftar tim Asia Tenggara yang berhasil dikalahkan Shin Tae-yong bersama Indonesia.

Ia juga berhasil mengantarkan Indonesia mengalahkan Kamboja, Timor Leste, Singapura, Malaysia, Laos, Myanmar dan Brunei Darussalam

Akan tetapi sejauh ini, pelatih asal Korea Selatan belum pernah sekali pun membawa skuad Garuda menang atas Thailand dan Vietnam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com