Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2022, 17:40 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KOMPAS.com - Saat Kylian Mbappe mendominasi berita utama untuk Perancis, performa Antoine Griezmann dalam peran barunya di lini tengah juga sangat penting bagi sang juara bertahan jelang laga perempat final Piala Dunia 2022 melawan Inggris, Minggu (11/12/2022).

Griezmann mengalami awal musim yang sulit di Atletico Madrid dan belum mencetak gol di Qatar.

Semuanya jauh berbeda dari Euro 2016, ketika Griezmann adalah top skor turnamen dengan enam gol. Namun, tuan rumah yang mencapai final kalah dalam dari Portugal di perpanjangan waktu.

Baca juga: Inggris Vs Perancis, Semua Bisa Terjadi Setelah Giroud Cetak Rekor

Pencapaian itu dipandang sebagai awal dari tim yang dikenal sebagai "Generasi Griezmann", sebelum kemunculan Mbappe membawa Les Bleus juara Piala Dunia 2018.

Griezmann sejak itu beradaptasi dan menjadi pemain pendukung bagi Mbappe, sang bintang terbesar Perancis. hingga akhirnya eks pemain Real Sociedad tersebut bergeser ke lini tengah timnas.

Peran baru Griezmann murni kebutuhan pelatih Didier Deschamps, yang kehilangan duo gelandang kunci Paul Pogba dan N'Golo Kante karena cedera sebelum turnamen, serta absennya Karim Benzema karena cedera setelah tiba di Qatar.

Akibatnya, Perancis menggunakan formasi 4-3-3 di Piala Dunia 2022 dengan Ousmane Dembele dan Mbappe mengapit Olivier Giroud di lini depan, sedangkan Griezmann beroperasi di sebelah kanan dalam susunan tiga gelandang bersama Aurelien Tchouameni dan Adrien Rabiot.

"Peranku cukup bebas," kata Griezmann, yang menorehkan 42 gol untuk negaranya tetapi belum mencatatkan nama di papan skor lagi dalam 13 penampilan sejak November 2021.

"Dengan tiga pemain di depanku, aku memiliki lebih banyak kemungkinan dan lebih banyak pilihan. Mungkin aku tidak terlalu dekat dengan area lawan. Aku tidak akan melakukan 50 tembakan ke gawang per pertandingan tetapi aku tidak khawatir tentang mencetak gol.

"Kupikir tim lebih membutuhkanku di tengah. Kami membutuhkan keseimbangan itu," terangnya, dikutip dari kantor berita AFP pada Rabu (7/12/2022).

Baca juga: Jadwal Perempat Final Piala Dunia 2022: Belanda Vs Argentina, Inggris Vs Perancis

Griezmann selalu ada

Antoine Griezmann melakukan protes kepada wasit asal Selandia Baru, Matthew Conger, dalam laga Grup D Piala Dunia 2022 antara Tunisia vs Perancis di Education City Stadium, Doha, 30 November 2022.AFP/ANTONIN THUILLIER Antoine Griezmann melakukan protes kepada wasit asal Selandia Baru, Matthew Conger, dalam laga Grup D Piala Dunia 2022 antara Tunisia vs Perancis di Education City Stadium, Doha, 30 November 2022.
Pemain berusia 31 tahun itu sekarang dapat memperlihatkan jangkauan umpan dan kerja kerasnya dari lini tengah, sambil memberikan ancaman dengan eksekusi bola matinya.

"Antoine memiliki jangkauan luar biasa dalam permainannya. Dia punya teknik yang fantastis, kehalusan dalam operannya, dan dia bekerja keras untuk rekan satu timnya," kata asisten pelatih Guy Stephan.

"Posisi baru itu cocok untuknya. Kamu hanya perlu melihat senyum di wajahnya."

Griezmann kini telah memainkan 71 pertandingan berturut-turut untuk Perancis, mengalahkan rekor nasional sebelumnya yang dipegang Patrick Vieira yaitu 44 pertandingan beruntun.

Tidak diragukan lagi Deschamps sangat percaya pada Griezmann, bahkan saat ia mengalami awal musim yang sulit di Atletico.

Halaman:
Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com