Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cody Gakpo, Bintang Baru Belanda di Piala Dunia 2022, Incaran Utama MU untuk Gantikan Ronaldo

Kompas.com - 30/11/2022, 05:30 WIB
Muhamad Syahrial

Editor

KOMPAS.com - Cody Gakpo, gelandang Tim Nasional (Timnas) Belanda itu kini namanya kian melejit di ajang Piala Dunia 2022 Qatar.

Terakhir, satu gol yang disumbangkannya dalam laga ketiga Grup A antara Belanda vs Qatar, berhasil membuat Tim Oranye lolos ke babak 16 besar Piala Dunia.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Al Bayt, Selasa (29/11/2022) malam WIB, Gakpo berhasil membuka keunggulan Belanda pada menit 26 usai menerima umpan pendek dari Klaassen.

Tim asuhan Louis Van Gaal pun berhasil menggandakan keunggulan dari kaki Frenkie de Jong pada menit 49, yang sekaligus mengubur harapan tim tuan rumah untuk melaju ke fase selanjutnya.

Baca juga: Drama Belanda Vs Qatar: Derita Tuan Rumah, Pesta Oranye Terhalang VAR, Sensasi Gakpo

Cody Gakpo di timnas dan klub

Penyerang Belanda, Cody Gakpo, melakukan selebrasi usai menjebol gawang Ekuador dalam laga Grup A Piala Dunia 2022 Belanda vs Ekuador di Khalifa International Stadium, Doha, 25 November 2022. (Photo by Jewel SAMAD / AFP)AFP/JEWEL SAMAD Penyerang Belanda, Cody Gakpo, melakukan selebrasi usai menjebol gawang Ekuador dalam laga Grup A Piala Dunia 2022 Belanda vs Ekuador di Khalifa International Stadium, Doha, 25 November 2022. (Photo by Jewel SAMAD / AFP)

Dilansir dari daftar skuad yang ikut dalam ajang Piala Dunia 2022 yang dirilis oleh FIFA, Cody Mathes Gakpo atau yang lebih dikenal dengan nama Cody Gakpo merupakan pemain Belanda yang kerap dipercaya untuk mengisi posisi sayap.

Pria kelahiran 7 Mei 1999 itu memulai debutnya untuk Timnas Belanda pada tahun 2021. Meski belum lama, namun pemilik tinggi badan 193 cm telah menjadi salah satu pemain andalan Louis Van Gaal.

Sementara itu, torehan Gakpo di level klub juga tak kalah mentereng. Usai dipromosikan dari akademi ke tim utama PSV Eindhoven pada empat musim lalu, Gakpo kini telah berhasil mencetak 52 gol dan 42 assist dari 146 pertandingan yang dilakoninya.

Dikutip dari BolaSport.com, Rabu (30/11/2022), penampilan impresif Gakpo bersama PSV pada musim ini juga menjadi sorotan.

Pasalnya, dari tujuh laga yang telah dimainkannya pada separuh musim 2022-2023, Gakpo telah mencetak 8 gol dan 6 assist.

Baca juga: Hasil Piala Dunia 2022, Cody Gakpo Sejajar Para Legenda Belanda

Top skor sementara Piala Dunia 2022

Perayaan gol Cody Gakpo dalam laga Grup A Piala Dunia 2022 antara Belanda vs Qatar di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar, 29 November 2022. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)AFP/KARIM JAAFAR Perayaan gol Cody Gakpo dalam laga Grup A Piala Dunia 2022 antara Belanda vs Qatar di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar, 29 November 2022. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

Menjadi andalan lini serang Tim Oranye di ajang Piala Dunia 2022 Qatar tampaknya tak menjadi beban bagi Cody Gakpo.

Bersama seniornya, Memphis Depay, Gakpo berhasil membawa Belanda lolos ke babak 16 besar dengan menyandang predikat juara grup A.

Gakpo berkontribusi membawa timnya tak terkalahkan di fase grup Piala Dunia 2022 dengan raihan 7 poin.

Belanda berhasil menyabet dua kemenangan yakni atas Senegal dan tim tuan rumah, Qatar, sedangkan hasil imbang didapat saat mereka berhadapan dengan Timnas Ekuador.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com