Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TC Timnas Indonesia Jelang Piala AFF 2022: Fisik Jadi Fokus Awal

Kompas.com - 28/11/2022, 23:00 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

GIANYAR, KOMPAS.com - Penghentian sementara kompetisi Liga 1 2022-2023 ikut memengaruhi jalannya pemusatan latihan timnas Indonesia di Bali mulai 28 November 2022.

Pada latihan perdana di Training Ground Bali United, Pantai Purnama Gianyar, Senin (28/11/2022) sore, pelatih kepala timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memutuskan untuk memberikan program latihan dasar fisik.

Keputusan tersebut diambil untuk menata ulang kondisi fisik para pemain yang hampir 2 bulan tidak tersentuh kompetisi.

Seperti diketahui, Liga 1 2022-2023 dihentikan sementara setelah terjadinya tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 silam. Sampai kini, kompetisi teratas Indonesia itu belum kembali diputar.

Tercatat, dari 28 nama yang dipanggil Shin Tae-yong dalam TC (Training Camp), 20 di antaranya adalah pemain Liga 1 2021-2022.

Baca juga: Sinar Asia di Piala Dunia 2022 Jadi Pelecut Timnas Indonesia Berjaya

 

Sebanyak delapan pemain lain mentas di luar negeri, yakni Egy Maulana Vikri (FC ViOn Zlate Moravce), Witan Sulaeman (AS Trencin), dan Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners).

Lalu, ada Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Elkan Baggott (Gillingham FC), Saddil Ramdani (Sabah FC), serta dua pemain naturalisasi, Jordi Amat (Johor Darul Takzim) dan Sandy Walsh (KV Mechelen).

Shin Tae-yong, pelatih asal Korea Selatan, sedikit menyesalkan adanya kendala belum bergulirnya lagi kompetisi ini.

Baca juga: Piala AFF 2022: Lobi-lobi Shin Tae-yong

 

Ia pun mengakui pemusatan latihan timnas menyongsong Piala AFF 2022 ini dilaksanakan lebih cepat, untuk merespons kompetisi Liga 1 yang belum berputar lagi.

“Jadi, selama ini tidak ada (kompetisi). Tapi, memang seharusnya kami mulai TC tanggal 10 Desember karena seharusnya liga berjalan, tetapi berhenti karena ada tragedi Kanjuruhan,” ujar Shin Tae-yong.

Untuk persiapan Piala AFF 2022, Timnas Indonesia senior melakukan TC di Bali. Pemain mulai latihan hari pertama di Training Ground Bali United, Pantai Purnama Gianyar, Senin (28/11/2022) sore.Dokumentasi PSSI Untuk persiapan Piala AFF 2022, Timnas Indonesia senior melakukan TC di Bali. Pemain mulai latihan hari pertama di Training Ground Bali United, Pantai Purnama Gianyar, Senin (28/11/2022) sore.

“Jadi, hari ini kami kumpul dan fokus untuk meningkatkan fisik dasar pemain,” kata Shin Tae-yong menambahkan.

Program latihan dasar fisik ini akan dipertahankan untuk beberapa hari ke depan. Setidaknya, sampai pemain menunjukkan standar fisik yang diharapkan.

Namun, untuk hari pertama, Shin Tae-yong mengakui intensitas latihan masih kurang karena alasan kenyamanan pemain.

"Memang minggu ini fokus ke situ dan untuk materi hari ini kami hanya pemanasan dan salam-salaman di lapangan,” katanya mengakhiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com