Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2022, 06:25 WIB

KOMPAS.com - Kerusuhan terjadi di Ibu Kota Brussel tepat setelah Belgia takluk 0-2 dari Maroko pada matchday kedua Grup F Piala Dunia 2022, Minggu (27/11/2022) malam WIB.

Ibu Kota Belgia itu mendadak "memerah" karena banyak perusuh menyalakan suar, memecahkan jendela toko, sampai membakar mobil yang terparkir di jalanan.

Dikutip dari AFP News, bentrokan antara kepolisian dan warga sipil sudah pecah, bahkan sebelum laga Belgia vs Maroko berakhir.

Kepolisian pada akhirnya terpaksa mengerahkan water canon dan menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa yang semakin brutal.

Tidak hanya itu, kepolisian juga menutup sebagian jalan kota dan menghentikan operasional kereta bawah tanah akibat kerusuhan tersebut.

Dikutip dari Sky News, kepolisian setempat terpaksa mengerahkan 100 personel dan sudah menangkap 11 orang dalam penanganan kerusuhan di Ibu Kota Brussel.

Baca juga: Hasil Piala Dunia 2022: Jepang-Belgia Tumbang, Spanyol Vs Jerman Imbang

Adapun Wali Kota Brussel, Philippe Close, secara tidak langsung menyebut salah satu pemicu kerusuhan adalah perayaan suporter Maroko.

"Polisi sudah bertindak tegas. Jadi, saya menyarankan pendukung untuk tidak datang ke pusat kota. Polisi melakukan segala yang mereka bisa untuk menjaga ketertiban umum," ujar Close dikutip dari Sky News.

"Mereka bukan penggemar, mereka perusuh. Penggemar Maroko ada di sana untuk merayakannya," kata Close menambahkan.

Seorang petugas polisi berjalan melewati skuter listrik yang terbakar di sela-sela siaran langsung pertandingan sepak bola Grup F Piala Dunia 2022 Qatar antara Belgia vs Maroko, di Brussel, pada Minggu 27 November 2022. - Kekerasan pecah di Brussel pada 27 November 2022 setelah kemenangan Maroko atas Belgia di Piala Dunia, dengan puluhan orang menyerang furnitur jalanan dan polisi.AFP/KENZO TRIBOUILLARD Seorang petugas polisi berjalan melewati skuter listrik yang terbakar di sela-sela siaran langsung pertandingan sepak bola Grup F Piala Dunia 2022 Qatar antara Belgia vs Maroko, di Brussel, pada Minggu 27 November 2022. - Kekerasan pecah di Brussel pada 27 November 2022 setelah kemenangan Maroko atas Belgia di Piala Dunia, dengan puluhan orang menyerang furnitur jalanan dan polisi.

Keberhasilan Maroko mengalahkan Belgia 2-0 menjadi salah satu kejutan Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+