Kompas.com - 30/06/2022, 13:30 WIB
|

KOMPAS.com -  Sepak bola adalah olahraga yang dicintai oleh semua penikmatnya, baik oleh pesepak bola sendiri, suporter yang datang langsung di stadion dan juga para pemirsanya di layar kaca.

Jam dan waktu pelaksanaan dari sebuah pertandingan sepak bola juga sangat berpengaruh bagi para pesepak bola dan penontonnya.

Berdasarkan berbagai penelitian, pertandingan sepak bola yang dilangsungkan larut malam memiliki pengaruh yang nyata pada kuantitas tidur para pesepak bola di malam tersebut, baik secara obyektif maupun subyektif yang tentu berpengaruh pada performa bermain di lapangan.

Baca juga: Piala Presiden 2022, Respons Negatif dan Positif Thomas Doll soal Persija Jakarta

Selain jam pertandingan, terlalu padatnya jadwal pertandingan pada suatu turnamen ataupun kompetisi akan sangat berpengaruh kondisi dan stamina mereka.

Selain pesepak bola, waktu pelaksanaan pertandingan juga berdampak kepada para fans dan suporter.

Bagi para suporter yang datang menyaksikan langsung di lapangan, jam pertandingan berakhir larut malam akan meningkatkan risiko terjadinya kriminalitas.

Sedangkan bagi para penonton yang menyaksikan dari layar kaca, pertandingan yang berakhir larut malam juga dirasa sangat berpengaruh, terutama bagi penonton yang masih berusia anak-anak.

Seperti yang kita ketahui, olahraga sepak bola merupakan permainan yang digemari oleh berbagai usia. 

Lebih dari itu, kondisi pandemi yang berangsur mereda membuat antusiasme penggemar sepak bola untuk datang langsung ke stadion menjadi luar biasa, sementara kapasitas penonton di tribune tentu masih harus dibatasi sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

Hal ini sangat memerlukan perhatian khusus baik dari pihak panitia pelaksana pertandingan agar pertandingan dapat berjalan dengan lancar dan dapat pula disaksikan dengan baik oleh para pendukung yang datang langsung ke stadion, dan juga bagi para pendukung untuk dapat lebih bijaksana dalam menyaksikan pertandingan yakni untuk dapat datang ke stadion hanya apabila telah memiliki tiket pertandingan yang berlangsung. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.