Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunci Keberhasilan Indonesia di SEA Games 2021

Kompas.com - 25/05/2022, 08:20 WIB
Ferril Dennys

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia berhasil mencapai target di SEA Games 2021 dengan finis di peringkat ketiga. 

Target tersebut terwujud karena keberhasilan Indonesia meraih 69 medali emas, 92 medali perak, dan 80 medali perunggu. 

Tak hanya itu, beberapa sejarah juga tercipta pada SEA Games 2021. Seperti keberhasilan tim nasional basket putra Indonesia merebut medali emas SEA Games untuk pertama kalinya sejak 1977.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menjelaskan keberhasilan Indonesia di SEA Games 2021 tidak lepas dari implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) pada SEA Games 2021.

Program cetak juara terbukti ampun mengangkat prestasi pada ajang dua tahunan tersebut.

Baca juga: Ketua NOC Indonesia Puji Para Atlet dan Berterima Kasih atas Dukungan Menpora

“Ini adalah hasil kerja bersama. Jadi, tidak ada satu atau dua individu atau kelompok yang merasa yang paling berjasa, tetapi ini adalah semua kerja sama-sama kita bersama tim pemerintah, pimpinan cabor, NOC, KONI, atlet, pelatih dan ofisial," jelas Menpora Amali.

"Atas nama seluruh rakyat dan pemerintah Indonesia menyampaikan selamat datang kembali ke Tanah Air. Apresiasi dan ucapan terima kasih atas segala perjuangan sehingga Indonesia berada di peringkat 3 SEA Games ke-31 ini," tambah Menpora Amali.

Pada SEA Games 2021, Indonesia turun dengan 499 atlet. Jumlah tersebut lebih sedikit dari SEA Games 2019 yakni 841 atlet.

Menpora Zainudin Amali (kiri) mengalungkan medali emas kepada lifter Indonesia Eko Yuli Irawan (kanan) saat upacara penghormatan pemenang final angkat besi nomor 61 kg putra SEA Games  2021 Vietnam di Hanoi Sports Training and Competition Center, Hanoi, Vietnam, Jumat (20/5/2022). Eko Yuli Irawan berhasil meraih medali emas dengan total angkatan ''snatch'' dan ''clean and jerk'' seberat 290kg.ANTARA FOTO/ZABUR KARURU Menpora Zainudin Amali (kiri) mengalungkan medali emas kepada lifter Indonesia Eko Yuli Irawan (kanan) saat upacara penghormatan pemenang final angkat besi nomor 61 kg putra SEA Games 2021 Vietnam di Hanoi Sports Training and Competition Center, Hanoi, Vietnam, Jumat (20/5/2022). Eko Yuli Irawan berhasil meraih medali emas dengan total angkatan ''snatch'' dan ''clean and jerk'' seberat 290kg.

Dengan jumlah yang lebih sedikit, prestasi Indonesia justru meningkat karena berhasil menempati peringkat ketiga, sementara pada SEA Games 2019 ada di urutan empat. 

Situasi itu menggambarkan keberhasilan DBON dan Cetak Juara yang dicanangkan Kemenpora. Program itu sesuai dengan Perpres No.86 tahun 2021 tentang DBON.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com