Neraca Keuangan Pelaku El Clasico: Barca Minus Rp 2 Triliun, Real Madrid Plus Rp 11 Triliun

Kompas.com - 15/03/2022, 06:20 WIB

KOMPAS.com - Dua raksasa Liga Spanyol, Barcelona dan Real Madrid, dalam situasi yang sangat bertolak belakang soal keseimbangan keuangan klub. Barcelona berada di zona merah sedangkan Real Madrid paling bagus.

Fakta ini diketahui berdasarkan rilis terbaru LaLiga yang dipresentasikan pada Senin (14/3/2022). 

Diketahui bahwa aktivitas Barcelona selama bursa transfer musim dingin pada Januari 2022 membuat neraca keuangan mereka di posisi minus, yakni -144 juta euro (sekitar minus Rp 2,260 triliun).

Ya, Barcelona sangat aktif pada jendela transfer Januari 2022. Mereka mendaratkan empat pemain di Camp Nou, yakni Dani Alves, Ferran Torres, Pierre-Emerick Aubameyang dan Adama Traore.

Baca juga: Real Madrid Bakal Monopoli Transfer Haaland-Mbappe, Barca Gigit Jari

Alhasil, Barca mengalami pengeluaran yang sangat besar, bahkan di luar perkiraan karena menghabiskan total 242 juta euro. 

LaLiga mengatakan, hal tersebut yang membuat neraca keuangan tim beralias Azulgrana ini tak sehat. Padahal, tahun lalu mereka memiliki limit 97 juta euro (sekitar Rp 1,522 triliun) untuk transfer.

Bahkan, Barca menjadi satu-satunya klub dari divisi pertama dan kedua di LaLiga yang keuangannya dalam kondisi "sakit".

Jadi, mereka harus tunduk pada kontrol keuangan yang ketat untuk pengeluaran biaya transfer dan kontrak.

Hal sebaliknya dialami rival abadi Barca, Real Madrid. Klub beralias Los Blancos ini memiliki neraca keuangan yang sangat sehat karena memiliki limit 739 juta euro (sekitar Rp 11,6 triliun).

Di belakang Real Madrid ada Sevilla dan Atletico Madrid, yang juga memiliki neraca keuangan bagus. Sevilla memiliki 199 juta euro (sekitar Rp 3,123 triliun), sedangkan Atletico 161 juta euro (sekitar Rp 2,527 triliun).

Baca juga: Haaland Mendekat ke Man City, Barcelona Punya 4 Opsi Alternatif

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.