Indonesia Vs Singapura: Jadi Kiper Dadakan, Ikhsan Fandi Ikuti Jejak Sang Kakek

Kompas.com - 26/12/2021, 11:38 WIB

KOMPAS.com - Striker andalan timnas Singapura, Ikhsan Fandi, sempat menjadi kiper dadakan pada laga semifinal kedua Piala AFF 2020 kontra Indonesia, Sabtu (25/12/2021) malam WIB.

Mengawal gawang timnas Singapura, anak Fandi Ahmad tersebut mengikut jejak kakeknya, Ahmad Wartam, yang merupakan mantan penjaga gawang The Lions (1963-1969).

Momen Ikhsan Fandi berdiri di atas mistar Singapura terjadi menjelang akhir babak perpanjangan waktu kedua tepatnya pada menit ke-119. 

Ikhsan mendadak harus mengenakan sarung tangan untuk menggantikan kiper timnas Singapura, Hassan Sunny, yang diusir wasit dengan kartu merah.

Hassan Sunny mendapatkan hukuman kartu merah langsung setelah melanggar winger timnas Indonesia, Irfan Jaya, di depan kotak penalti Singapura.

Melihat Hassan Sunny diusir wasit, Ikhsan Fandi langsung mendapat instruksi untuk bergerak ke bangku cadangan Singapura dan mengambil jersey serta sarung tangan kiper.

Baca juga: Top Skor Piala AFF 2020: 6 Pilar Indonesia Tajam, Asa Ikhsan Fandi Pupus

Ikhsan Fandi memang hanya bermain sekitar dua menit sebagai kiper dadakan timnas Singapura. 

Namun, Ikhsan sempat melakukan satu penyelamatan ketika menangkap tendangan bebas Kadek Agung pada menit ke-120.

Tampil sebagai penjaga gawang pada laga ini, Ikhsan menjadi penerus sang kakek, Ahmad Wartam.

Ahmad Wartam adalah salah satu kiper legendaris Singapura. Pada awal kariernya, Ahmad Wartam bermain sebagai winger kiri.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.