Komdis PSSI Nyatakan PSIS Tidak Langgar Aturan pada Laga Kontra Persija

Kompas.com - 22/09/2021, 07:00 WIB
Pemain Persija, Rohit Chand, berduel dengan pemain PSIS Semarang dalam pertandingan pekan kedua Liga 1 2021 di Indomilk Arena, Minggu (12/9/2021) malam WIB. Dok. Persija Jakarta Pemain Persija, Rohit Chand, berduel dengan pemain PSIS Semarang dalam pertandingan pekan kedua Liga 1 2021 di Indomilk Arena, Minggu (12/9/2021) malam WIB.

KOMPAS.com - Komisi disiplin (Komdis) PSSI menyatakan PSIS Semarang tidak bersalah atas dugaan pelanggaran aturan pergantian pemain pada laga melawan Persija Jakarta.

Duel PSIS vs Persija merupakan laga pekan kedua Liga 1 2021-2022 yang dihelat di Indomilk Arena pada Minggu (12/9/2021).

Pada laga tersebut, PSIS Semarang tercatat melakukan lima pergantian pemain.

Lima pemain PSIS yang ditarik keluar Eka Febri Yogi Setiawan (46'), Septian David Maulana (64'), Reza Irfana (65'), Komarodin (68'), Fredyan Wahyu (89').

Kelima pemain itu secara berurutan digantikan oleh Fandi Eko Utomo, Riyan Ardiansyah, Jonathan Cantillana, Andreas Ado, dan Frendy Saputra.

Baca juga: Angelo Alessio Akui Persija Tak dalam Kondisi Ideal untuk Menang

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menilik data di atas, PSIS tidak menyalahi aturan karena memang setiap tim diperbolehkan melakukan lima pergantian pemain dalam satu pertandingan.

Namun, jika melihat Regulasi BRI Liga 1 2021-2022, PSIS sebenarnya telah melanggar Pasal 10 soal aturan pergantian pemain.

Pasal 10 ayat 4a Regulasi Liga 1 2021-2022 menyatakan bahwa setiap klub hanya memiliki tiga kali kesempatan pergantian pemain dalam satu pertandingan.

Dalam satu kesempatan, setiap tim bisa melakukan lima pergantian pemain sekaligus atau disesuaikan dengan kuota yang tersisa.

Adapun pasal 10 ayat 4b menyatakan pergantian pemain yang dilakukan pada masa jeda babak pertama tidak mengurangi tiga kesempatan pergantian yang dijelaskan di ayat 4b.

Halaman:


Sumber PSSI
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.