Kompas.com - 02/09/2021, 18:58 WIB
Pemain Madura United asal Korea untuk Liga 1 2021-2022, Kim Jin Sung. Dokumentasi Madura UnitedPemain Madura United asal Korea untuk Liga 1 2021-2022, Kim Jin Sung.

BOGOR, KOMPAS.com - Kepergian Jacob Pepper membuat Madura United membutuhkan tenaga tambahan untuk memperbesar peluang menang melawan Tira Persikabo pada laga lanjutan Liga 1 2021-2022, Jumat (3/9/2021) sore.

Dengan gerak cepat Madura United sudah mendatangkan gelandang asal Korea Selatan, Kim Jin Sung, untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Jacob Pepper. Hanya saja pelatih Rahmad Darmawan butuh berpikir dua kali untuk menurunkan mantan penggawa Timnas Korea U20 itu.

“Untuk menggantikannya kita sudah sudah mempersiapkan Kim, dia bisa bermain sama dengan Jacob yaitu dua posisi sebagai center back dan juga bisa bermain di midfield,” ujar pelatih asal Lampung.

Rahmad Darmawan tidak meragukan kualitas dari Kim Jin Sung. Walaupun dia mengakui belum melihat secara langsung, tapi rekam jejak di klub sebelumnya cukup meyakinkan. Dia pun menaruh keyakinan yang besar bahwa pemain berusia 24 tahun tersebut bisa memenuhi ekspektasi tim.

“Mengenai kualitas? Tentunya ini pertama dia bermain di Indonesia jadi saya belum bisa melihat secara keseluruhan. Bagaimana penampilannya setelah nanti di lapangan dengan segala perbedaannya yang ada,” ujar Rahmad Darmawan optimis.

“Sebagai seorang profesional tentu saya melihat kualitas mereka di dalam pertandingan bersama klub, karenanya saya tidak ragu karena bisa cepat beradaptasi,” imbuhnya.

Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan.KOMPAS.com/Suci Rahayu Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Akan tetapi yang menjadi pertimbangan saat ini adalah proses adaptasi dan persiapan Kim Jin Sung bersama Madura United.

Rahmad Darmawan mengungkapkan tidak menutup peluang untuk menurunkan dilaga perdana. Namun sebelum itu harus diukur dulu kondisi tim dan urgensi untuk menurunkan Kim.

“Sebagai pemain yang terakhir bergabung, Kim baru sekali menjalani latihan pasca isolasi. Tentu kita akan melihat seperti apa urgensinya untuk menurunkan atau mengistirahatkan Kim sambil melihat kondisi terakhirnya,” tutur pelatih berusia 54 tahun.

“Tapi kalau melihat Kim bermain 2 minggu lalu bersama klubnya, sebenarnya secara kualitas fitnessnya tidak ada masalah. Tapi akan butuh aklimatisasi dari cuaca yang berbeda. Disana masih sejuk cenderung dingin, sementara disini panas.”

“Kemarin dia banyak mengobrol terkait hal itu, jadi menu latihan pun berbeda dari yang lain,” imbuhnya.

Sementara itu soal kesiapan pemain lain, Rahmad Darmawan memastikan Laskar Sape Kerrap dalam kondisi siap tempur. Namun dia membutuhkan hasil PCR terlebih dahulu untuk menyusun tim utama.

“Semua pemain tentu akan melewati fase PCR nanti malam setelah itu kita baru tau seperti apa. Mudah-mudahan seperti dari tes antigen kemarin dalam kondisi negatif dan mengenai cedera pemain sampai hari ini nol, jadi semua siap,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.