LaLiga Dapat Suntikan Rp45 Triliun, Barcelona Bisa Ikat Lionel Messi

Kompas.com - 04/08/2021, 23:44 WIB
Presiden LaLiga, Javier Tebas, berbicara kepada wartawan dari seluruh dunia, termasuk Kompas.com, pada sebuah sesi konferensi pers virtual pada Kamis (22/4/2021) malam WIB. TANGKAPAN LAYARPresiden LaLiga, Javier Tebas, berbicara kepada wartawan dari seluruh dunia, termasuk Kompas.com, pada sebuah sesi konferensi pers virtual pada Kamis (22/4/2021) malam WIB.

KOMPAS.com - LaLiga, badan yang mengurus kasta utama dan kedua Liga Spanyol, mengumumkan perjanjian strategis dengan CVC Capital Partners yang bakal menginjeksi hingga 2,7 miliar euro atau 45 triliun rupiah ke kompetisi dan klub-klub mereka.

Kerjasama strategis itu disetujui oleh Komite Eksekutif LaLiga pada Rabu (4/8/2021) dan, menurut situs mereka, "akan menyediakan LaLiga dan klub-klubnya dengan semua sumber daya yang diperlukan untuk memenuhi strategi transformasi agar menjadi pemain global di pasar hiburan digital dan, di saat bersamaan, memperkuat kompetisi dan mengubah pengalaman fans."

Kerjasama yang dimotori oleh Presiden LaLiga Javier Tebas ini menaruh nilai LaLiga di angka 24,25 miliar euro.

CVC Capital Partners akan mengambil 10 persen bagian dari LaLiga.

Baca juga: Messi Menghitung Hari Jelang LaLiga, Persiapan Kurang dari 2 Pekan

Sebanyak 90 persen dari injeksi 2,7 miliar euro tersebut akan dialirkan ke klub-klub termasuk sepak bola wanita, semi profesional, dan non profesional.

Menurut sumber Reuters, LaLiga berharap investasi ini akan membuat Liga Spanyol menyamai atau melewati kekuatan finansial Premier League dalam 6-7 tahun ke depan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Barcelona dilaporkan akan berhati-hati dan skeptis tentang kerja sama ini.

Sementara, Mundo Deportivo yakin perjanjian ini akan menjadi penyelamat Barcelona agar mereka bisa akhirnya memastikan perpanjangan kontrak Lionel Messi.

Dikutip dari Mundo Deportivo, Presiden Joan Laporta sebenarnya sudah diberi keyakinan kalau Messi dan para pemain baru Barcelona seperti Kun Aguero, Memphis Depay, Eric Garcia, dan Emerson sudah bisa didaftarkan.

Baca juga: Hasil Pramusim Barcelona: Sikat Stuttgart, Memphis Depay Bintang Utama

Namun, Laporta meminta tambahan ruang gerak agar dapat membeli beberapa pemain lagi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.