Surat Terbuka untuk Jokowi, Merindukan Aksi Presiden Menendang Bola Pembukaan Liga

Kompas.com - 29/07/2021, 15:17 WIB
Pemain Arema FC Diego Michiels saat latihan rutin untuk persiapan Liga 1 2021 di Stadion Gajayana Malang, Jawa Timur, Senin (21/06/2021) sore. KOMPAS.com/Suci RahayuPemain Arema FC Diego Michiels saat latihan rutin untuk persiapan Liga 1 2021 di Stadion Gajayana Malang, Jawa Timur, Senin (21/06/2021) sore.
|

KOMPAS.COM - Asosiasi Pesepak bola Profesional Indonesia (APPI) yang menjadi wadah perwakilan bagi para pesepak bola Indonesia, mengirimkan surat terbuka kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Surat terbuka kepada Jokowi ini merupakan hasil dari pertemuan dengan seluruh pemain profesional perwakilan dari setiap klub Liga 1 pada 23 Juli 2021.

Baca juga: PPKM Darurat Diperpanjang, Bagaimana Nasib Liga 1?

Surat terbuka yang ditandatangani oleh perwakilan seluruh pemain seperti Ahmad Jufriyanto, Maman Abdurahman, Ian Louis Kabes, dan lain-lain. 

Surat ini berisi aspirasi dan keinginan mereka agar kompetisi kembali bergulir.

Sejak Maret 2020, kompetisi sepak bola profesional Indonesia memang terhenti karena wabah virus corona.

Penyelenggaraan Liga 1 2020 pun pada akhirnya dihentikan total, setelah sejumlah upaya yang dilakukan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk melanjutkan kompetisi gagal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Memasuki awal tahun 2021, sempat muncul harapan kompetisi bisa diselenggarakan, ditandai dengan bergulirnya turnamen Piala Menpora.

Bahkan, pihak kepolisian juga sudah menerbitkan izin untuk digelarnya Liga 1 2021 pada 9 Juli.

Akan tetapi, beberapa pekan sebelum kick-off Liga 1 2021 digelar, lagi-lagi kompetisi terpaksa mengalami penundaan. Penyebabnya, lonjakan kasus Covid-19 di sejumlah wilayah di Indonesia.

Demi menekan angka penyebaran Covid-19, Pemerintah Indonesia pun menelurkan kebijakan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali, sejak 3 Juli 2021.

Akibatnya, kompetisi terpaksa mengalami penundaan. Rencananya penundaan kompetisi berlaku hingga 20 Agustus.

Akan tetapi, belum diketahui secara pasti apakah kompetisi benar-benar akan diselenggarakan pada 20 Agustus atau mundur lagi dari rencana.

Berikut surat terbuka APPI kepada Jokowi:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.