Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maurizio Sarri Sebut Gelandang Italia Ini Berpotensi Raih Ballon d'Or

Kompas.com - 07/07/2021, 00:00 WIB
Celvin Moniaga Sipahutar,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih asal Italia, Maurizio Sarri, membuat pernyataan soal pemain yang punya kans menyabet gelar Ballon d'Or 2021.

Juru taktik yang kini menukangi Lazio itu mengungkapkan bahwa gelandang timnas Italia, Jorginho, dapat meraih penghargaan prestisius tersebut.

Hal ini tak terlepas dari performa Jorginho yang luar biasa bersama Chelsea musim lalu.

Jorginho pun berperan besar atas pencapaian Chelsea menjuarai Liga Champions 2021. Namun, Sarri menilai hal tersebut masih belum cukup.

Baca juga: Prediksi Italia Vs Spanyol dari 3 Pengamat Tanah Air, Azzurri Tembus Final!

Sarri menilai bahwa Ballon d'Or berpotensi diraih Jorginho, jika sang gelandang berhasil membawa timnas Italia juara Euro 2020.

"Jika dia memenangkan Piala Eropa, dia adalah kandidat untuk memenangkan Ballon d’Or," kata Maurizio Sarri dikutip Football Italia.

"Dia pemain yang halus dan itulah mengapa semua orang tidak memahaminya."

"Dia membuat segalanya tampak mudah, itu kehebatannya. Ketika saya melatih Chelsea, kami berhasil memenangkan perburuannya dari Manchester City."

"Awalnya sulit untuk memahaminya. Namun, sekarang saya melihat bahwa para penggemar hingga jurnalis dapat menghargainya. Dia juga seorang pemimpin di Chelsea," tandas Sarri.

Jorginho sendiri berpeluang besar membawa timnas Italia juara Euro 2020. Sebab, Gli Azzurri telah mencapai semifinal dan akan melawan Spanyol.

LONDON, INGGRIS - 26 JUNI: Gelandang Italia, Jorginho, mengoper bola dalam laga 16 besar Euro 2020 melawan Austria di Stadion Wembley pada 26 Juni 2021.Shaun Botterill - ©UEFA LONDON, INGGRIS - 26 JUNI: Gelandang Italia, Jorginho, mengoper bola dalam laga 16 besar Euro 2020 melawan Austria di Stadion Wembley pada 26 Juni 2021.
Adapun laga Italia vs Spanyol akan dilangsung di Stadion Wembley, London, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB.

Sementara itu, Jorginho tercatat menjadi salah satu pemain andalan Italia dengan selalu tampil dalam lima laga Euro 2020.

Kolektivitas sang gelandang dalam permainan Gli Azzurri di Euro 2020 juga luar biasa. Dia melepas 391 operan dengan 371 di antaranya tepat sasaran.

Jika statistik operan Jorginho dibedah laga demi laga, maka akurasi paling rendah gelandang kelahiran Brasil itu adalah 91 persen.

Persentase tersebut dicatatkan Jorginho dalam laga kedua Grup A kontra timnas Swiss.

Selebihnya, akurasi operan Jorginho tak pernah lebih rendah dari 94 persen, masing-masing saat Italia bersua Turki (94 persen), Wales (98), Austria (94) dan Belgia (99).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com