Kompas.com - 16/06/2021, 14:00 WIB
Penyerang Persib Bandung, Ezra Walian (kanan), dalam sesi konferensi pers jelang laga final leg pertama Piala Menpora 2021 melawan Persija Jakarta di Sleman, Rabu (21/4/2021). KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHAPenyerang Persib Bandung, Ezra Walian (kanan), dalam sesi konferensi pers jelang laga final leg pertama Piala Menpora 2021 melawan Persija Jakarta di Sleman, Rabu (21/4/2021).

BANDUNG, KOMPAS.com - Penyerang Persib Bandung, Ezra Walian, akhirnya bisa kembali memperkuat timnas Indonesia. Pada Senin (14/6/2021), FIFA telah melegalkan status Ezra sebagai pemain Indonesia.

Sebelumnya FIFA sempat mencekal Ezra bermain bersama Indonesia di ajang internasional resmi. Pasalnya, federasi sepak bola dunia itu menganggap Ezra masih berstatus pemain Belanda.

Pemain berusia 23 tahun itu memang pernah membela Timnas Belanda di kelompok usia U-15, U-16, dan U-17.

Baca juga: Lika-liku Ezra Walian Jadi WNI hingga Bisa Bela Timnas Indonesia

PSSI pun langsung berupaya menyelesaikan masalah tersebut. Proses administrasi alih kewarganegaraan Ezra pun akhirnya rampung. Mantan pemain Ajax Amsterdam itu akhirnya sudah bisa kembali membela timnas Indonesia di laga resmi FIFA.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, menyambut baik kabar tersebut. Menurutnya, itu adalah hal positif bagi Ezra.

Apalagi, Ezra sudah cukup lama menanti kepastian dirinya bisa kembali berseragam timnas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya turut senang terhadap Ezra. Tentu itu bagus bagi Ezra, apalagi jika dia bisa mendapat panggilan (masuk tim nasional)," kata Alberts kepada wartawan, Rabu (16/6/2021).

Alberts pun berharap, Ezra bisa segera mendapatkan pemanggilan untuk memperkuat timnas Indonesia. Pemanggilan pemain ke timnas adalah hak prerogatif Shin Tae-Yong sebagai pelatih.

Bila memang gaya permainan Ezra sesuai dengan filosofi bermain yang diusung oleh Shin Tae-Yong, mantan pemain PSM Makassar itu bisa dipastikan akan mendapat satu tempat di skuad timnas.

"Kami harus melihat dan menunggu bagaimana ke depannya karena pelatih tim nasional memiliki filosofinya sendiri. Jadi kami harus menanti apa yang dipikirkan oleh pelatih tim nasional terhadap Ezra," tutur Alberts.

Kans Ezra bergabung bersama timnas Indonesia tampaknya cukup terbuka. Sebab, Shin Tae-Yong sudah lama memantau Ezra. Bila memang jadi dipanggil, Ezra berpeluang tampil dalam tiga event sekaligus; babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023, Piala AFF, dan SEA Games 2021.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X