Hasil Swab Negatif, Shin Tae-yong Segera Pulang ke Korea Selatan

Kompas.com - 27/03/2021, 05:00 WIB
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan materi pada training center (TC) timnas U22 Indonesia jelang persiapan SEA Games 2021 di Jakarta, 8-28 Februari. Dok. PSSIPelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan materi pada training center (TC) timnas U22 Indonesia jelang persiapan SEA Games 2021 di Jakarta, 8-28 Februari.

KOMPAS.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Te-yong, telah dinyatakan negatif Covid-19 dan akan segera pulang ke Korea Selatan. 

Shin Tae-yong dinyatakan terinfeksi virus corona pada Sabtu (20/3/2021).

Pelatih berusia 51 tahun itu sempat menjalani perawatan di High Care Unit (HCU) Rumah Sakit Siloam, Mampang, Jakarta Selatan. 

Namun, berdasarkan hasil tes swab Polymerase Chain Reaction (PCR) terakhir, Shin Tae-yong kini telah sembuh dari Covid-19.

Baca juga: Shin Tae-yong Berjuang Lawan Covid-19, Doa Rakyat Indonesia Sangat Diperlukan

Hal tersebut disampaikan oleh pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, pada Jumat (26/3/2021) malam WIB.

Yunus Nusi menjelaskan bahwa sejak mendapat perawatan intensif di rumah sakit, kondisi Shin Tae-yong menunjukkan perkembangan positif.

Selain hasil swab PCR yang negatif Covid-19, Shin Tae-yong juga sudah tidak sesak napas dan demam.

"Jadi intinya kondisi Shin Te-yong sudah pulih. Dia hanya butuh istirahat dan memilih kembali ke Korea Selatan untuk bertemu keluarganya," kata Yunus Nusi.

"Sementara itu, asisten pelatih asal Korea Selatan lainnya akan tetap tinggal di Jakarta," ujarnya menambahkan.

Yunus mengatakan, Shin Tae-yong akan terbang ke Korea Selatan pada Sabtu (27/3/2021).

Dia pun berharap dengan bertemu keluarga bisa mempercepat pemulihan Shin Tae-yong sebelum kembali bertugas di Indonesia.

Baca juga: Kronologi Shin Tae-yong Dinyatakan Positif Covid-19, Plt Sekjen PSSI Ambil Contoh Ronaldo

"Shin Tae-yong pulang ke Korea Selatan karena keinginannya dan keluarganya. Kami telah membuat kesepakatan bersama," kata Yunus Nusi.

"PSSI setuju dan sama sekali tidak melarang keinginan pelatih Shin Te-yong untuk pulang sementara ke Korea Selatan. Apalagi, yang bersangkutan hasil swab-nya sudah negatif."

"Saya kira ini bagus untuk dia. Bisa jadi ia rindu dengan keluarganya. Dengan bertemu keluarga akan mempercepat recovery Shin Tae-yong sebelum kembali ke Indonesia," ujar Yunus Nusi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X