Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Shin Tae-yong Dinyatakan Positif Covid-19, Plt Sekjen PSSI Ambil Contoh Ronaldo

Kompas.com - 20/03/2021, 19:05 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dinyatakan positif terjangkit virus corona.

Laporan Shin Tae-yong positif Covid-19 disampaikan oleh pelaksana tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi, pada Sabtu (20/3/2021).

Menurut pernyataan Yunus Nusi, Shin Tae-yong dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil Swab Polymerase Chain Reaction (PCR) yang diketahui pada satu hari sebelumnya, Jumat (19/3/2021) malam WIB.

PSSI selaku induk sepak bola Tanah Air mengatakan bahwa Shin Tae-yong tidak menunjukkan gejala yang berlebihan.

Baca juga: Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Positif Covid-19

Pelatih asal Korea Selatan itu bahkan disebut masih berkomunikasi secara virtual dengan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, pada Jumat (19/3/2021) malam WIB.

Berikut Kronologi Shin Tae-yong dinyatakan positif Covid-19:

1. Sempat negatif berdasarkan hasil swab antigen

Shin Tae-yong sejatinya sempat dinyatakan negatif Covid-19 berdasarkan hasil swab antigen yang dilakukan seusai pemusatan latihan timnas U23 Indonesia, Senin (8/3/2021).

Kala itu, Shin Tae-yong menjalani tes bersama para pemain serta ofisial timnas Indonesia yang lain, dan hasilnya negatif.

Dengan demikian, para pemain, ofisial, dan pelatih, termasuk Shin Tae-yong, diperbolehkan kembali ke kediaman serta klub masing-masing.

"Jadi, ketika pemain kami pulangkan ke klub masing-masing pada Senin (8/3/2021), tidak ada satu pun pemain yang positif. Itu karena sebelum pulang mereka sudah swab antigen," tutur Yunus Nusi.

Baca juga: Shin Tae-yong Positif Covid-19, Bagaimana Pemain Timnas U23 Indonesia?

2. Shin Tae-yong mengeluh tidak enak badan

Setelah itu, Shin Tae-yong dilaporkan merasa tidak enak badan dan menyampaikan kondisinya kepada dokter timnas pada Kamis (18/3/2021).

3. Shin Tae-yong menjalani swab PCR

Pelatih Tim Nasional (Timnas) U-23 Shin Tae Yong (kiri) memberikan instruksi kepada para pemainnya saat melawan kesebelasan Bali United dalam pertandingan uji coba di Stadion Madya, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (7/3/2021). Pertandingan dimenangkan Timnas U-23 dengan skor 3-1.ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA Pelatih Tim Nasional (Timnas) U-23 Shin Tae Yong (kiri) memberikan instruksi kepada para pemainnya saat melawan kesebelasan Bali United dalam pertandingan uji coba di Stadion Madya, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (7/3/2021). Pertandingan dimenangkan Timnas U-23 dengan skor 3-1.

Berdasarkan arahan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dokter timnas kemudian melakukan swab PCR terhadap Shin Tae-yong yang hasilnya baru keluar pada Jumat (19/3/2021) malam WIB.

Berdasarkan hasil swab PCR tersebutlah Shin Tae-yong diketahui positif terjangkit virus corona.

"Pada awalnya Shin Tae-yong mengaku tidak enak badan pada Kamis (18/3/2021). Kemudian atas arahan Ketua Umum PSSI, yang bersangkutan melakukan swab PCR. Hasilnya baru keluar pada Jumat (19/3/2021) malam," kata Yunus Nusi.

Baca juga: 3 Permintaan Shin Tae-yong kepada Pemain Timnas U23 Indonesia

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com