Kompas.com - 13/03/2021, 16:40 WIB
Todd Rivaldo Ferre tampil bersama Lampang FC vs Navy FC Lampang FCTodd Rivaldo Ferre tampil bersama Lampang FC vs Navy FC

KOMPAS.com - Perbedaan bahasa menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh Todd Rivaldo Ferre di Thailand. Sejauh ini, pesepak bola muda Indonesia tersebut mengaku tidak menemui kesulitan dalam hal berkomunikasi.

Todd Rivaldo Ferre menjadi salah satu pemain muda Indonesia yang melanjutkan karier di luar negeri.

Pada awal Februari lalu, pemain sayap berusia 21 tahun itu secara resmi diperkenalkan sebagai pemain baru klub Liga Thailand, Lampang FC.

Lampang FC meminjam Todd Ferre dari klub Liga 1, Persipura Jayapura, selama setengah musim.

Adapun, Lampang FC saat ini berlaga di Thai League 2 atau kompetisi divisi dua Liga Thailand.

Baca juga: Todd Rivaldo Ferre, Tinggalkan Indonesia demi Pengalaman dan Jam Terbang

Selama di Thailand, Todd Rivaldo Ferre mengakui bahwa ia tidak mengalami kesulitan ketika berkomunikasi dengan rekan setim atau pelatih.

Pemuda kelahiran Jayapura itu menuturkan, kebanyakan anggota tim Lampang FC memang berkomunikasi dengan bahasa Thailand.

Namun, pelatih dan beberapa pemain bisa berbahasa Inggris.

"Selama di sini, mereka lebih banyak berbicara dengan bahasa Thailand, tapi pelatih dan beberapa pemain bisa bahasa Inggris," tutur Todd Ferre kepada KOMPAS.com, Sabtu (13/3/2021).

Todd pun belajar bahasa Inggris agar lebih mudah berkomunikasi dengan para pemain dan pelatih Lampang FC.

Baca juga: Percaya Diri meski Bertubuh Mungil, Todd Ferre Terinspirasi Lionel Messi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X