Kalimantan Timur Disebut Layak Jadi "Tuan Rumah" Liga 1 dan Liga 2

Kompas.com - 01/02/2021, 11:49 WIB
Pemain asing Persebaya Surabaya, Mahmoud Eid menjalani swab tes untuk persiapan lanjutan Liga 1 2020 di area parkir Mess Pemain, Sabtu (26/09/2020) sore. KOMPAS.com/Suci RahayuPemain asing Persebaya Surabaya, Mahmoud Eid menjalani swab tes untuk persiapan lanjutan Liga 1 2020 di area parkir Mess Pemain, Sabtu (26/09/2020) sore.

KOMPAS.com - Provinsi Kalimantan Timur disebut layak dijadikan lokasi untuk menggelar kompetisi Liga 1 dan Liga 2 dengan sistem bubble.

Pendapat itu diungkapkan Chief Executive Nine Sport Inc, Arif Putra Wicaksono.

Terdapat dua alasan utama yang mendasari pendapat Arif Putra Wicaksono.

Pertama, Kalimantan Timur memiliki banyak stadion yang tersebar di berbagai kota dan sudah sesuai dengan standar Liga 1.

Di Samarinda terdapat tiga stadion, yakni Segiri, Palaran dan Madya Sempaja. Kutai Kertanegara juga memiliki Stadion Aji Imbut yang merupakan markas dari tim Liga 2, Mitra Kukar.

Beralih ke Balikpapan, terdapat dua stadion, yakni Benuo Taka dan juga Batakan yang digunakan Persiba Balikpapan sebagai home base.

Baca juga: Persib Pastikan Robert Rene Alberts Tetap Tangani Tim di Liga 1 2021

Adapun satu stadion lain yang juga layak menggelar pertandingan Liga 1 adalah Mulawarman yang terletak di Bontang.

Beberapa dari stadion di atas tidak hanya menjadi markas dari tim Liga 1 dan Liga 2, melainkan juga pernah menjadi salah satu venue PON 2008.

Faktor itu tentu membuat standar dari beberapa stadion di atas sudah memenuhi atau bahkan melebihi standar Liga 1 dan Liga 2.

Faktor kedua yang membuat Arif Putra Wicaksono menilai Kalimantan Timur layak menjadi tuan rumah Liga 1 dan Liga 2 adalah keadaan geografis dan jumlah penduduk.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X