Maju Terus Pantang Mundur, Resep Jitu Atalanta Gilas AC Milan

Kompas.com - 24/01/2021, 08:40 WIB
Josip Ilicic melakukan selebrasi seusai menjebol gawang AC Milan melalui tendangan penalti. Laga AC Milan vs Atalanta pada pekan ke-19 Liga Italia Serie A 2020-2021 digelar di Stadion San Siro, Sabtu (23/1/2021). AFP/MIGUEL MEDINAJosip Ilicic melakukan selebrasi seusai menjebol gawang AC Milan melalui tendangan penalti. Laga AC Milan vs Atalanta pada pekan ke-19 Liga Italia Serie A 2020-2021 digelar di Stadion San Siro, Sabtu (23/1/2021).
|

KOMPAS.com - Atalanta selalu diinstruksikan untuk mengoper ke arah depan. Pendekatan itu sukses bikin AC Milan kelabakan.

Atalanta menampilkan performa impresif dengan berhasil menggilas pemuncak klasemen AC Milan 3-0 pada pekan ke-19 kompetisi kasta teratas Liga Italia, Serie A 2020-2021, di Stadion San Siro, Minggu (24/1/2021) dini hari WIB.

Permainan menekan La Dea, julukan Atalanta, sukses mematikan daya ledak AC Milan. Untuk kali pertama musim ini, AC Milan gagal bikin gol di pentas Serie A.

Maju terus pantang mundur. Atalanta seperti tak memberi AC Milan kesempatan untuk mengembangkan permainan.

Konsep bermain racikan Gian Piero Gasperini diterjemahkan secara sempurna oleh personel Atalanta.

Baca juga: AC Milan Vs Atalanta - Dulu Diselingkuhi, Kini Bobol Gawang Rossoneri Lagi

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gasperini memang menghendaki timnya untuk bergerak maju dan mengoper bola ke depan.

Dalam sebuah sesi wawancara dengan The Athletic beberapa waktu lalu, gelandang Atalanta, Marten de Roon, mengisahkan bagaimana sang pelatih bisa marah besar jika ada personel tim yang kedapatan mengoper ke arah belakang dalam sesi latihan.

“Gasperini tak mau pemain mengoper ke belakang, bahkan jika Anda berisiko membuat kesalahan sekalipun. Sebab, jika mengoper ke belakang, tim lawan punya kesempatan menekan, membangun serangan, dan banyak hal lain,” kata De Roon.

“Mereka (tim lawan) yang harus mundur. Kami mesti maju menyerang,” kata De Roon melanjutkan.

Baca juga: Zlatan Ibrahimovic soal Juara Paruh Musim Serie A: Tak Ada Gunanya!

Gasperini sangat membenci operan ke samping atau ke belakang. Baginya, hanya ada satu tujuan: Ke depan!

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X