Klub Kasta Kedua Korea Selatan Resmi Rekrut Asnawi Mangkualam

Kompas.com - 22/01/2021, 17:05 WIB
Pemain Timnas U-23 Indonesia Asnawi Mangkualam beraksi saat melawan pemain Timnas Myanmar dalam pertandingan Semifinal SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Sabtu (7/12/2019). Timnas Indonesia menang 4-2 dari Myanmar. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPemain Timnas U-23 Indonesia Asnawi Mangkualam beraksi saat melawan pemain Timnas Myanmar dalam pertandingan Semifinal SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Sabtu (7/12/2019). Timnas Indonesia menang 4-2 dari Myanmar.

KOMPAS.com - Daftar pemain muda asal Indonesia yang meniti karier di luar Tanah Air bertambah, setelah Asnawi Mangkualam direkrut oleh tim divisi kedua Korea Selatan ( K-League 2), Ansan Greeners.

Pengumuman mengenai kepindahan Asnawi tersebut disampaikan langsung oleh salah satu petinggi klub, Joo Chan-yong, seperti dikutip KOMPAS.com dari KBS Sport.

"Kami telah resmi mengikat pemain timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar, dengan kontrak selama setahun pada 19 Januari," kata Chan-yong.

Baca juga: Timnas U-23 Indonesia, Pujian untuk Potensi Asnawi Mangkualam

"Selain itu terdapat klausul perpanjangan kontrak selama setahun berikutnya," ujar juru bicara klub yang musim lalu menempati peringkat ketujuh dari 10 tim peserta K-League 2 itu.

Melalui transfer ini, Asnawi menjadi pemain pertama asal Indonesia yang memiliki kesempatan untuk bertanding di kompetisi profesional negara tersebut melalui jalur ASEAN Quota.

Jalur tersebut merupakan aturan baru bagi klub peserta K-League, baik di divisi satu maupun dua, dalam mendatangkan pemain asing asal Asia Tenggara.

Kuota pemain ini tidak akan berpengaruh pada jatah kepemilikan pemain asing setiap klub K-League, yang hanya dibatasi sebanyak empat orang termasuk satu pemain asal negara Asia lainnya.

KBS juga menyebut adanya campur tangan pelatih timnas Indonesia saat ini, Shin Tae-yong, dalam keputusan Ansan Greeners mendatangkan Asnawi yang sebelumnya membela PSM Makassar.

Direktur klub tersebut, Kim Gil-sik, pada akhirnya memberi penawaran kontrak kepada Asnawi setelah mendapat masukan langsung dari Shin terkait sang pemain.

Shin sendiri berharap kesempatan berkarier di Korea bisa meningkatkan daya saing serta kemampuan Asnawi sebagai pemain, dan pada akhirnya memberi manfaat bagi timnas Indonesia di masa depan.

Halaman:


Sumber Naver
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X